alexametrics

AS-Uni Eropa Setuju Hindari Perang Dagang, Euro Melonjak Lawan Dolar

loading...
AS-Uni Eropa Setuju Hindari Perang Dagang, Euro Melonjak Lawan Dolar
Euro menguat terhadap dolar Amerika Serikat usai pertemuan AS-Uni Eropa untuk menghindari perang dagang. Foto/30rates.com
A+ A-
TOKYO - Mata uang dolar Amerika Serikat (USD) melorot terhadap euro pada perdagangan Kamis (26/7/2018), setelah Presiden AS Donald Trump dan Presiden Komisi Eropa Jean-Claude Juncker setuju untuk menurunkan tarif, mengurangi kekhawatiran tentang memburuknya perang dagang global.

Melansir dari Reuters, kesepakatan di atas membuat indeks USD terhadap enam mata uang utama turun 0,25% menjadi 94,145, level terendah sejak 11 Juli 2018. Alhasil, euro naik 0,1% menjadi USD1,1738 per EUR.

Sebelum perjanjian di atas disepakati, mata uang tunggal Uni Eropa merosot ke level terendah yaitu USD1,1644 per EUR pada Rabu (25/7). Saat itu, Trump mempertimbangkan untuk memberlakukan tarif 25% terhadap mobil buatan negara-negara Uni Eropa yang masuk ke Amerika.



Selain jatuh melawan euro, USD juga tergelincir 0,15% menjadi 110,805 yen. Dolar juga melemah terhadap yuan China. YUan China reli hampir 0,8% dalam perdagangan offshore (luar negeri), setelah pada Selasa lalu berada di level terendah 13 bulan.

Adapun poundsterling Inggris stabil di level USD1,3200 per GBP, setelah menguat 0,4% semalam. Dolar Australia melayang mendekati level tertinggi dua minggu menjadi USD0,7464. "Dolar secara luas melemah terhadap mata uang utama karena ketegangan perdagangan telah mereda," kata Yukio Ishizuki, ahli strategi mata uang senior di Daiwa Securities di Tokyo.

"Amerika Serikat dan Uni Eropa tampaknya telah mengumumkan gencatan senjata dan harapan bawah pembicaraan NAFTA dan kesepakatan dengan China akan positif juga," sambung Yukio.

Pasar pun dikabarkan akan fokus pada keputusan kebijakan Bank Sentral Eropa yang akan dikeluarkan pada hari ini. European Central Bank (ECB) diharapkan dapat menjaga kebijakan moneter. Investor pun akan mencermati pernyataan Presiden ECB Mario Draghi soal laju normalisasi kebijakan moneter.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak