Krakatau Sarana Properti Terapkan Model Bisnis Baru Hadapi Tantangan di 2024

Selasa, 20 Februari 2024 - 20:03 WIB
loading...
Krakatau Sarana Properti Terapkan Model Bisnis Baru Hadapi Tantangan di 2024
Direktur Utama Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Krakatau Sarana Properti (KSP) sebagai cucu BUMN PT Krakatau Steel (Persero) Tbk menerapkan model bisnis baru menggunakan skema pembebasan, sertifikasi, land development, penjualan, dan persewaan lahan kawasan industri dalam menghadapi tantangan di 2024. Perubahan model bisnis ini merupakan turunan dari restrukturisasi besar di perusahaan yang dimulai sejak empat tahun lalu.

"Ini adalah keniscayaan, karena kondisi yang saat ini tengah dihadapi perusahaan," ujar Direktur Utama Krakatau Sarana Properti Iip Arief Budiman dalam rapat kinerja dan anggaran perusahaan bertajuk Building Resilience Through Creativity, Innovation, and Collaboration, Selasa (20/4/2024).



Pihaknya akan memaksimalkan semua potensi yang bisa diraih dengan kondisi yang ada saat ini untuk mencapai target pemasukan. Iip menambahkan model bisnis baru pergudangan, pengelolaan kawasan industri, persewaan lahan utilitas, golf dan sport center dan transmart menjadi bisnis KSP. Untuk bisnis gudang, hotel, transmart, dan aset lainnya akan diatur dalam suatu perjanjian sewa-menyewa.

"KSP harus terus bergerak agar tidak dilindas oleh perubahan zaman. Ada dua konsekuensi dari keputusan untuk bergerak yaitu gagal atau berhasil. Keberhasilan ada di tangan kita dan bukan di tangan orang lain. Karena itu, saya optimistis dengan semua aset organisasi dan juga SDM yang dimiliki saat ini, KSP bisa mencapai target pemasukan seiring penerapan model bisnis baru ini," ungkapnya.

Guna mencapai target terdapat strategi yang harus diciptakan salah satunya adalah dengan menetapkan backbone revenue bagi KSP.

"Pengelolaan kawasan masih akan jadi generated revenue yang signifikan, tapi di luar kita dorong bisnis lain seperti sport center, optimalisasi asset yang idle, diversifikasi bisnis yang dikembangkan, sehingga menciptakan potensi pendapatan baru," jelasnya.



Sementara, Direktur SDM dan Keuangan Krakatau Sarana Properti Gersang Tarigan menambahkan perusahaan akan menghadapi tantangan dan juga turbulensi yang luar biasa pada tahun ini. Namun, pengalaman tahun lalu menunjukkan bahwa KSP berhasil melewati masa-masa sesulit apa pun.

"Dengan pengalaman yang sudah kita lalui juga pengalaman dari semua karyawan KSP, saya optimistis target bisa dicapai bahkan bisa lebih tinggi lagi. Kalau kita lihat di Januari lalu, pemasukan cukup bagus dan ini menjadi sebuah fondasi yang bagus bagi kita untuk terus melangkah," ujarnya.

Gersang mengungkapkan KSP terus melakukan inovasi dan pengembangan pasar agar bisa terus tumbuh dan berkembang. Selain itu, produk juga harus dikembangkan untuk meningkatkan revenue.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1083 seconds (0.1#10.140)