Israel Gempur Suriah, 2 Orang Tewas di Damaskus

Rabu, 21 Februari 2024 - 17:37 WIB
loading...
Israel Gempur Suriah, 2 Orang Tewas di Damaskus
Israel melancarkan serangan ke Suriah dan menyebabkan 2 orang tewas. Foto/Reuters
A A A
DAMASKUS - Serangan udara Israel menghantam sebuah bangunan perumahan di distrik Kafr Sousa di ibu kota Suriah, Damaskus, pada Rabu (21/2/2024). Serangan Zionis itu menewaskan dua orang

Sebuah sumber militer yang dikutip oleh TV pemerintah Suriah mengatakan serangan sekitar pukul 09:40 melukai sejumlah orang lainnya, dan mengidentifikasi korban tewas sebagai warga sipil.

Gambar yang diterbitkan oleh media pemerintah Suriah menunjukkan sisi gedung bertingkat yang hangus. Sumber keamanan mengatakan “serangan itu tidak mencapai tujuannya”.

Lingkungan tersebut merupakan lokasi bangunan tempat tinggal, sekolah, dan pusat kebudayaan Iran, dan terletak di dekat kompleks besar yang dijaga ketat yang digunakan oleh badan keamanan. Distrik ini menjadi sasaran serangan Israel pada Februari 2023 yang menewaskan pakar militer Iran.

Para saksi mendengar beberapa ledakan berturut-turut. Ledakan tersebut membuat takut anak-anak di sekolah terdekat dan ambulans bergegas ke daerah tersebut, kata para saksi mata kepada Reuters.

Belum ada komentar langsung dari militer Israel.

Iran telah menjadi pendukung utama Presiden Bashar al-Assad selama konflik Suriah yang berlangsung hampir 12 tahun. Dukungannya terhadap Damaskus dan kelompok Hizbullah di Lebanon telah memicu serangan udara rutin Israel yang dimaksudkan untuk mengekang kekuatan militer ekstrateritorial Teheran.



Serangan-serangan tersebut meningkat seiring dengan meningkatnya ketegangan regional sejak serangan Hamas terhadap Israel pada 7 Oktober, dengan lebih dari setengah lusin petugas Garda Revolusi Iran tewas dalam dugaan serangan Israel di Suriah sejak bulan Desember.

Akibatnya, Garda Revolusi telah mengurangi penempatan perwira senior mereka di Suriah dan berencana untuk lebih mengandalkan milisi Syiah yang bersekutu untuk mempertahankan kekuasaan mereka di sana, sumber yang mengetahui masalah tersebut mengatakan kepada Reuters awal bulan ini.

Iran, pendukung Hamas, telah berusaha untuk tidak terlibat dalam konflik tersebut meskipun negara tersebut mendukung kelompok-kelompok yang ikut terlibat dalam konflik tersebut dari Lebanon, Yaman, Irak dan Suriah – yang disebut “Poros Perlawanan” yang memusuhi Israel dan Hamas. kepentingan AS.

(ahm)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1466 seconds (0.1#10.140)