Tepis Bencana di Rancaekek Bukan Badai Tornado, BMKG: Itu Angin Puting Beliung!

Kamis, 22 Februari 2024 - 12:03 WIB
loading...
Tepis Bencana di Rancaekek Bukan Badai Tornado, BMKG: Itu Angin Puting Beliung!
Penampakan angin puting beliung yang menyapu wilayah Jatinangor, Kabupaten Sumenang dan Rancaekek, Kabupaten Bandung, begitu dahsyat. Foto/Istimewa
A A A
BANDUNG - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menegaskan peristiwa bencana yang melanda Kabupaten Bandung dan Sumedang, Rabu (21/2) sore, merupakan puting beliung.

Penegasan ini berbeda dari klaim Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang menyebutkan angin kencang itu termasuk topan Tornado. BMKG mendasarkan karena kecepatan angin berputar dan dampak kerusakan yang ditimbulkan tidak seperti Tornado.

Kepala BMKG Bandung Teguh Rahayu mengatakan, angin puting beliung merupakan peristiwa fenomena alam di mana angin berputar tersebut dengan kecepatan 36,8 kilometer per jam atau kurang 70 kilometer per jam.



Sedangkan topan Tornado seperti yang kerap terjadi di Amerika Serika lebih dari 70 kilometer per jam.”Kejadian kemarin sore, kecepatan angin tercatat di AAWS Jatinangor 36,8 kilometer per jam,” kata Kepala BMKG Bandung dalam keterangan resmi, Kamis (22/2/2024).

Teguh Rahayu menyatakan, puting beliung merupakan small Tornado. Indonesia sering menyebut small Tornado dengan nama puting beliung. ”Kalau tornado pasti dampaknya lebih dari 10 kilometer. Sedangkan kemarin luas area terdampak 3 sampai 5 kilometer,” ujarnya.

Selain itu, puting beliung di Rancaekek terjadi karena pertumbuhan awan cumulonimbus. Puting beliung merupakan dampak ikutan.



Sebelumnya, rekaman video yang memperlihatkan angin puting beliung berukuran besar muncul di wilayah Rancaekek, Kabupaten Bandung dan sebagian Kabupaten Sumedang, Rabu (21/2).

Angin puting beliung memporakporandakan sejumlah bangunan, pohon dan kendaraan.

Seperti dilihat pada video yang beredar, angin puting beliung menyebabkan sejumlah bangunan rusak. Termasuk merobohkan pohon dan menimpa sebuah mobil.

Beberapa sepeda motor pun ikut terjatuh akibat terkena dampak dari angin puting beliung. Informasi yang dihimpun, akses jalan kendaraan di Jalan Raya Bandung-Garut mengalami kepadatan.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1543 seconds (0.1#10.140)