Bacaan Doa Nabi Yunus Lengkap dengan Arab, Latin dan Manfaatnya

Jum'at, 23 Februari 2024 - 17:09 WIB
loading...
Bacaan Doa Nabi Yunus Lengkap dengan Arab, Latin dan Manfaatnya
Doa Nabi Yunus ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya dapat mendapat keutamaan atau manfaatnya. Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang tengah menghadapi ujian. Foto ilustrasi/SINDOnews
A A A
Doa Nabi Yunus ini perlu diketahui oleh setiap muslim supaya dapat mendapat keutamaan atau manfaatnya. Doa ini dianjurkan untuk dibaca ketika seseorang tengah menghadapi ujian.

Nabi Yunus Alaihissalam memanjatkan doa ini pada Allah SWT ketika ditelan oleh ikan paus. Kisah Nabi Yunus AS yang ditelan ikan paus ini pastinya sudah banyak diketahui oleh umat muslim.

Peristiwa itu terjadi ketika Nabi Yunus tengah berdakwah, namun tidak ada umat yang mendengarkannya. Mereka justru memilih untuk menenggelamkan Nabi Yunus AS ke lautan.

Ketika berada di dalam laut inilah muncul seekor ikan paus yang melahap utuh Nabi Yunus. Pada saat itu juga Nabi Yunus AS mulai memanjatkan doa yang tercantum dalam Al Qur'an dalam potongan surah Al Anbiya ayat 87.

Bacaan Doa Nabi Yunus

لَّآ اِلٰهَ اِلَّآ اَنْتَ سُبْحٰنَكَ اِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظّٰلِمِيْنَ


Alla ilaha illa anta subḥanaka inni kuntu minaẓ-zalimin(a)

Artinya: "Tidak ada tuhan selain Engkau. Maha Suci Engkau. Sesungguhnya aku termasuk orang-orang zalim."

Manfaat Membaca Doa Nabi Yunus

Dalam riwayat Imam Ahmad, Rasulullah SAW bersabda: "Doa yang diucapkan oleh Dzun Nun (Nabi Yunus) ketika ia berada di dalam perut ikan Paus yaitu Al-Anbiya Ayat 87, sesungguhnya tiada seorang muslim pun berdoa kepada Tuhannya dengan menyebut kalimat ini untuk memohon sesuatu, melainkan Allah akan mengabulkan."

Dalam riwayat lain, dari Sa'd mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda: "Barang siapa yang berdoa dengan doanya Nabi Yunus, pasti diperkenankan baginya." (HR Turmuzi dan An-Nasai)

Abu Sa'id mengatakan yang dimaksud oleh firman-Nya: "Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman." (Al-Anbiya: 88)

Sa'd ibnu Abu Waqqas mengatakan bahwa ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: "Asma Allah yang apabila disebutkan dalam doa, pasti Dia mengijabah. Dan apabila diminta dengannya, pasti memberi, yaitu doa Yunus ibnu Mata." Sa'd bertanya: "Wahai Rasulullah, apakah doa itu khusus bagi Yunus ataukah bagi seluruh kaum muslim?"

Rasulullah SAW menjawab: "Doa itu bagi Yunus bin Mata secara khusus dan bagi kaum mukmin semuanya secara umum, jika mereka meyebutkannya di dalam doanya. Bukankah kamu telah mendengar firman Allah yang mengatakan: 'Maka ia menyeru dalam keadaan yang sangat gelap. Bahwa tidak ada Tuhan selain Engkau, sesungguhnya aku termasuk orang-orang yang zalim. Maka Kami telah memperkenankan doanya dan menyelamatkannya dari kedukaan. Dan demikianlah Kami selamatkan orang-orang yang beriman' (Al-Anbiya: 87-88). Ini merupakan syarat dari Allah bagi orang yang mengucapkannya di dalam doanya."

Dari beberapa riwayat di atas dapat disimpulkan jika manfaat membaca doa Nabi Yunus adalah akan dikabulkan segala permintaannya, dan akan dimudahkan ketika menghadapi kesulitan.

Itulah doa Nabi Yunus beserta manfaatnya, sebagai umat muslim yang tengah mengalami kesulitan di dunia baiknya melafadzkan doa ini sembari terus memperbanyak amalan saleh.



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1777 seconds (0.1#10.140)