alexametrics

First Travel Bayar Utang ke Kanomas dengan Aset

loading...
First Travel Bayar Utang ke Kanomas dengan Aset
Kasus First Travel. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - PT Kanomas Arci Wisata (Kanomas Tour & Travel) menegaskan tidak menguasai aset sitaan milik First Travel. Semua dokumen mengenai peralihan dan kepemilikan aset yang kini dimiliki Kanomas, sudah ditunjukan dalam proses persidangan kasus penipuan perjalanan umrah dan pencucian uang yang dilakukan pemilik First Travel Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan.

"Aset-aset yang dikuasai dan dimiliki Kanomas bukanlah aset milik First Travel. Aset-aset tersebut telah beralih kepada klien kami jauh sebelum kasus Andika Surachaman, Anniesa Hasibuan dan Kiki Hasibuan ditetapkan sebagai tersangka kasus First Travel," tegas kuasa hukum Kanomas Tour & Travel Husni Farid Abdat, Senin (6/8/2018).

Dia menambahkan, peralihan sebagian aset First Travel kepada Kanomas merupakan pembayaran atas sebagian utang First Travel kepada Kanomas. "Beberapa aset itu digunakan First Travel sebagai pembayaran sebagian utang," imbuhnya.



Dia mengungkapkan, total utang First Travel mencapai Rp85 miliar. Sementara taksiran aset yang digunakan untuk membayar tagihan tersebut hanya Rp30 miliar. "Sehingga sampai sekarang, First Travel masih memiki sisa utang yang sangat banyak kepada klien kami," ungkap Husni.

Dalam penyelanggaraan perjalanan ibadah umrah, First Travel melakukan pembelian tiket melalui Kanomas selaku provider tiket untuk beberapa maskapai penerbangan, seperti Saudi Airlines dan Etihad. Hubungan antara First Travel dan Kanomas, lanjut dia, merupakan hubungan mitra bisnis. First Travel selaku penyelanggara perjalanan ibadah umrah, dan Kanomas selaku provider tiket yang merupakan vendor penyedia tiket bagi jamaah umrah First Travel.

Husni menambahkan, sejak pertengahan 2016, hubungan kerja sama First Travel dan Kanomas awalnya berjalan cukup baik, banyak jamaah umrah First Travel yang diberangkatkan melalui tiket yang dibeli First Travel dari Kanomas. Pembayaran tiket juga berjalan baik, setelah diterbitkan invoice oleh Kanomas, dibayar lunas oleh First Travel.

Baru pada November 2016, First Travel mulai mengalami kesulitan pembayaran, dimulai dengan adanya tagihan yang tidak dibayarkan lunas dan menjadi utang. Atas utang First Travel tersebut, beberapa cara telah ditempuh Kanomas untuk menagih, antara lain dengan skema pembayaran secara bertahap atau mencicil.

Pada April 2017, First Travel menyerahkan aset-aset milik Andika Surachman, Anniesa Hasibuan dan Kiki Hasibuan berupa rumah di Sentul, kantor di Depok dan rumah di Depok serta beberapa mobil seperti Hummer, Vellfire, VW Caravelle, Fortuner dan Pajero sebagai pembayaran sebagian utang First Travel.

"Semua peralihan aset itu telah dilakukan sesuai dengan prosedur dan juga sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku," paparnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak