Donald Trump Menang pada Pemilihan Pendahuluan di South Carolina

Minggu, 25 Februari 2024 - 15:15 WIB
loading...
Donald Trump Menang pada Pemilihan Pendahuluan di South Carolina
Donald Trump memenangkan pemilu pendahuluan di South Carolina. Foto/Reuters
A A A
WASHINGTON - Donald Trump selangkah lebih dekat dengan nominasi presiden dari Partai Republik setelah menang besar atas Nikki Haley di South Carolina.

Mantan presiden itu memenangkan negara bagian asal lawan utamanya dengan selisih 20 poin, kemenangan keempat berturut-turutnya.

Trump tidak menyebutkan saingannya saat ia merayakannya, dan malah mengarahkan perhatiannya pada pemilihan umum pada bulan November.

Kemungkinan besar itu akan menjadi pertandingan ulang dengan penggantinya di Gedung Putih.

“Kami akan menatap mata Joe Biden,” katanya kepada para pendukungnya beberapa menit setelah media AS memproyeksikan dia sebagai pemenang pada Sabtu malam. "Dia menghancurkan negara kita - dan kita akan berkata 'keluarlah Joe, kamu dipecat'."

Trump memuji “persatuan” partainya setelah hasil pemilu hari Sabtu, dengan mengatakan: “Belum pernah ada semangat seperti ini. Saya belum pernah melihat Partai Republik begitu bersatu.”

Hal ini menandai pergeseran dari tanggapannya terhadap pemilihan pendahuluan bulan lalu di New Hampshire, di mana ia mengamuk terhadap Haley karena "berpidato seolah dia menang".

Haley, yang pernah menjabat sebagai gubernur Carolina Selatan selama dua periode, mengucapkan selamat kepada lawannya atas kemenangannya dalam pidatonya.

Namun dia bersumpah untuk tetap ikut dalam pencalonan, dengan mengatakan bahwa sekitar 40% suara yang dia terima "bukanlah kelompok kecil".

“Ada sejumlah besar pemilih di pemilihan pendahuluan Partai Republik yang mengatakan mereka menginginkan alternatif,” katanya, menekankan bahwa kampanyenya yang berkelanjutan bukanlah tentang ambisi politiknya sendiri.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1480 seconds (0.1#10.140)