Mercedes-Benz Batal Memproduksi Mobil Listrik seperti China

Minggu, 25 Februari 2024 - 21:06 WIB
loading...
Mercedes-Benz Batal Memproduksi Mobil Listrik seperti China
Mobil listrik konsep Mercedes-Benz. FOTO/ Carscoops
A A A
BERLIN - Produsen mobil mewah Jerman Mercedes-Benz dilaporkan telah membatalkan rencana pengembangan kendaraan listrik (EV) dan berencana memproduksi mobil bertenaga gas pada tahun 2030.



Seperti dilansir dari Electrex, namun Mercedes mengumumkan akan kembali memproduksi EV secara penuh pada awal tahun 2030-an, jika permintaan pasar EV saat itu menjadi lebih positif.

Pembuat mobil mewah tersebut mengatakan semua kendaraan yang baru diluncurkan hanya akan menggunakan listrik mulai tahun 2025 dan seterusnya.

Saat ini Mercedes sudah menawarkan EV di setiap segmen dengan versi sedan dan SUV model EQS dan EQE serta SUV listrik EQB.

Mercedes-Benz memperkirakan kendaraan listrik termasuk hibrida akan mewakili 50 persen total penjualan pada tahun 2030, jauh lebih rendah dari komitmen 100 persen pada tahun 2021.

Hal ini terjadi setelah penjualan mobil Mercedes-Benz menurun hingga 21 persen pada kuartal keempat tahun lalu dan kini memperlambat transisinya.

Mercedes mengalami penurunan pendapatan dari kuartal keempat di wilayah-wilayah utama, termasuk Amerika Serikat yang negatif 7,4 persen dan Jerman negatif 2,8 persen.

Meskipun pendapatan setahun penuh naik 2,1 persen menjadi USD153,2 miliar, laba operasional turun empat persen pada tahun 2023 menjadi USD19,7 miliar.

Kendaraan bertenaga listrik termasuk hibrida menyumbang 21,8 persen penjualan pada kuartal keempat.

Mercedes memperkirakan kendaraan listrik dan hibrida akan mewakili 19 hingga 21 persen penjualan kendaraan tahun ini.

Untuk saat ini, bukan hanya Mercedes yang mundur dari produksi EV, merek seperti Ford dan GM juga melakukan hal serupa belakangan ini.
(wbs)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.7461 seconds (0.1#10.140)