Zikrullah, Benteng Kokoh dari Gangguan Setan

Senin, 26 Februari 2024 - 12:34 WIB
loading...
Zikrullah, Benteng Kokoh dari Gangguan Setan
Syariat mengajarkan, melawan Setan dengan berzikir kepada Allah Subahanahu wa taala adalah benteng kokoh untuk melawannya.. Foto ilustrasi/ist
A A A
Dalam menjalani kehidupan sehari-hari, setiap waktu dan setiap saat manusia menghadapi peperangan dengan setan . Setan dan bala tentaranya tidak akan berhenti sedetik pun untuk terus mengganggu dan menggoda manusia. Karena itu syariat mengajarkan, melawan setan dengan berzikir kepada Allah Subahanahu wa ta'ala adalah benteng kokoh untuk melawannya.

Ustaz Abu Ya'la Kunaefi Lc, ketika membahas kitab 'Al-Bayan Min Qashashil Qur’an' menjelaskan, setan tidak putus asa dan mereka terus semangat menggoda manusia dari jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala.

"Oleh karena itu, kita harus ingat beberapa senjata yang harus kita miliki. Salah satunya dengan selalu berzikir atau zikrullah meminta perlindungan kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala,"ungkap dai Kajian Sunnah itu di Jakarta, baru-baru ini.

Sesungguhnya, zikrullah merupakan benteng yang sangat kokoh dari gangguan setan yang terkutuk. Di antara contohnya adalah sabda Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam,

مَنْ قَالَ لَا إِلَهَ إِلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لَا شَرِيكَ لَهُ لَهُ الْمُلْكُ وَلَهُ الْحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيْءٍ قَدِيرٌ فِي يَوْمٍ مِائَةَ مَرَّةٍ كَانَتْ لَهُ عَدْلَ عَشْرِ رِقَابٍ وَكُتِبَ لَهُ مِائَةُ حَسَنَةٍ وَمُحِيَتْ عَنْهُ مِائَةُ سَيِّئَةٍ وَكَانَتْ لَهُ حِرْزًا مِنْ الشَّيْطَانِ يَوْمَهُ ذَلِكَ حَتَّى يُمْسِيَ وَلَمْ يَأْتِ أَحَدٌ بِأَفْضَلَ مِمَّا جَاءَ إِلَّا رَجُلٌ عَمِلَ أَكْثَرَ مِنْهُ


“Barang siapa yang mengucapkan “laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lahuu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir” seratus kali dalam sehari, maka dia akan mendapatkan pahala seakan-akan memerdekakan sepuluh budak, ditulis seratus kebaikan untuknya, dihapus seratus keburukan, dan dia dilindungi oleh Allah Subhanahu wa Ta’ala dari setan di hari tersebut sampai sore harinya. Ada pelindung baginya dari gangguan sampai sore hari, dan tidak ada satu pun orang yang mendatangkan yang lebih utama dari apa yang dilakukannya, kecuali orang yang melakukan lebih dari dia.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Syahidnya adalah “Dia mendapatkan penjagaan dari Allah Ta’ala sampai sore hari.” Subhanallah, mudah-mudahan kita bisa mengamalkan zikir ini. “laa ilaaha illallahu wahdahuu laa syariika lahu, lahul mulku wa lahul hamdu wa huwa ‘alaa kulli syai’in qadir” yang artinya: Tidak ada yang berhak diibadahi kecuali Allah semata, tidak ada sekutu bagiNya. Kerajaan milik Allah, segala pujian milikNya. Dan Allah Mahamampu untuk melakukan segala sesuatu.

Syahidnya adalah dia mendapatkan penjagaan yang sangat kuat dari Allah Subhanahu wa Ta’ala dari gangguan setan yang terkutuk. Tidak ada yang bisa menolong kita dari gangguan setan, kecuali kita kembali kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala. Kita mempersenjatai diri kita dengan ini. Setan dari kalangan jin tidak bisa kita lihat, dan mereka ingin mengganggu, menyakiti dan menyesatkan kita. Oleh karena itu, kita pakai senjata yang diberikan oleh Allah ini. Allah sayang sama kita.

Contoh zikir yang lain adalah Rasul Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda,

إِذَا خَرَجَ الرَّجُلُ مِنْ بَيْتِهِ فَقَالَ بِسْمِ اللَّهِ تَوَكَّلْتُ عَلَى اللَّهِ، لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ، قَالَ: يُقَالُ حِينَئِذٍ: هُدِيتَ، وَكُفِيتَ، وَوُقِيتَ، فَتَتَنَحَّى لَهُ الشَّيَاطِينُ، فَيَقُولُ لَهُ شَيْطَانٌ آخَرُ: كَيْفَ لَكَ بِرَجُلٍ قَدْ هُدِيَ وَكُفِيَ وَوُقِيَ؟


”Apabila seseorang keluar dari rumahnya kemudian dia mengucapkan: ‘Bismillahi tawakaltu ‘ala Allah, la hawla wa la quwwata illa billah,’ maka dikatakan kepadanya: ‘Engkau diberi petunjuk, engkau dicukupi, dan engkau dijaga.’ Dan setan-setanpun menyingkir darinya. Lalu salah satu setan berkata kepada temannya, ’Bagaimana engkau bisa mengganggu orang yang telah diberi petunjuk, dicukupi, dan dijaga?.’” (HR. Abu Dawud dan Tirmidzi)



Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1745 seconds (0.1#10.140)