Swedia Akhirnya Gabung NATO: 'Rusia Pasti Tak Suka'

Selasa, 27 Februari 2024 - 10:45 WIB
loading...
Swedia Akhirnya Gabung NATO: Rusia Pasti Tak Suka
Swedia akhirnya gabung NATO setelah Hongaria memberikan persetujuan. Swedia menyatakan langkahnya ini pasti tidak disukai Rusia. Foto/REUTERS
A A A
STOCKHOLM - Swedia akhirnya bergabung dengan NATO setelah Parlemen Hongaria meratifikasi pengajuan keanggotaan oleh Stockholm pada Senin.

Penerimaan resmi keanggotaan baru NATO untuk Swedia akan dilakukan dalam waktu dekat.

Perdana Menteri Swedia Ulf Kristersson menyebut momen hari Senin kemarin sebagai “hari bersejarah”, sementara anggota NATO lainnya menyatakan lega atas langkah Stockholm—yang dipicu oleh invasi Rusia ke Ukraina.

Sekretaris Jenderal NATO Jens Stoltenberg mengatakan Swedia akan membuat aliansi tersebut lebih kuat dan lebih aman.

Sedangkan Amerika Serikat, kekuatan utama aliansi tersebut, serta Inggris dan Jerman menyambut baik bergabungnya Swedia dalam waktu dekat.



"Kehadiran Swedia di NATO “memperkuat aliansi pertahanan kami dan juga keamanan Eropa dan dunia," kata Kanselir Jerman Olaf Scholz, seperti dikutip AFP, Selasa (27/2/2024).

Invasi Rusia ke Ukraina sejak dua tahun lalu mendorong Swedia dan negara tetangganya; Finlandia; mengajukan permohonan bergabung dengan blok trans-Atlantik, mengakhiri sikap non-blok yang sudah lama mereka jalani.

Namun setiap calon anggota baru harus mendapatkan persetujuan dari seluruh anggota NATO untuk bisa diterima.

Pemungutan suara di Parlemen Hongaria kemarin telah mengakhiri penundaan lebih dari satu tahun yang membuat 31 negara lainnya frustrasi ketika Ukraina kewalahan melawan pasukan Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1385 seconds (0.1#10.140)