alexametrics

Gedung bank bjb Saksi Sejarah Perjuangan Rakyat Indonesia

loading...
Gedung bank bjb Saksi Sejarah Perjuangan Rakyat Indonesia
Gedung Denis, kantor bank bjb Cabang Utama Bandung merupakan saksi sejarah perjuangan Bangsa Indonesia.
A+ A-
BANDUNG - Orang yang tak tahu sejarah bangsanya sendiri--tanah airnya sendiri--gampang jadi orang asing di antara bangsa sendiri. 

(Pramoedya Ananta Toer)

  

Ungkapan sastrawan kenamaan Indonesia tersebut menyuratkan pesan bahwa manusia tidak boleh lupa akan akar sejarahnya. 



Sejarah memang cerita masa lalu, tapi ia tidak boleh kita lupakan. Karena Indonesia masa kini tak akan pernah ada tanpa sejarah masa lalu.

 

Dengan mengetahui sejarah Indonesia, kita akan tahu apa yang harus kita lakukan supaya bangsa Indonesia akan selalu ada.

Namun sayangnya, tidak semua cerita perjuangan pemuda Indonesia terselip dalam buku sejarah. Beberapa di antaranya hanya hadir sebagai sejarah nonpopuler dengan miskinnya literatur. 

Padahal, tanpa mengecilkan aspek apapun, cerita di dalamnya sungguh menyiratkan perjuangan hebat yang sepatutnya dikenang dan dikenal publik.

Cerita perobekan bendera triwarna Belanda di depan gedung kantor bank bjb Cabang Utama Bandung bisa dijadikan contoh. 

Gedung tersebut pada masa lalu bernama De Eerste Nederlandsch Indische Spaarkas (Denis), gedung yang merekam jejak perjuangan pemuda Bandung mempertahankan kemerdekaan Indonesia. 

"Kehadiran kami berkaitan erat dengan perjuangan bangsa Indonesia. Gedung kantor bank bjb Cabang Utama Bandung menjadi saksi perlawanan para pemuda melawan Belanda dalam upayanya mempertahankan kemerdekaan," ujar Direktur Utama bank bjb Ahmad Irfan.
halaman ke-1 dari 6
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak