IKN dan Ibu Kota Australia Kerja Sama Pengembangan Perkotaan

Rabu, 28 Februari 2024 - 10:34 WIB
loading...
IKN dan Ibu Kota Australia Kerja Sama Pengembangan Perkotaan
Kepala Otorita IKN Bambang Susantono secara virtual menyepakati kerja sama pengembangan perkotaan di IKN dengan Ibu Kota Canberra Australia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Otorita Ibu Kota Nusantara ( IKN ) menyepakati kerja sama atau MoU (Memorandum of Understanding) dengan Otorita Ibu Kota Canberra Australia (The National Capital Authority of The Commonwealth of Australia). Pokok kerja sama tersebut nantinya untuk sharing pengetahuan terkait pengembangan kota baru.

Kerja sama ini meliputi pembangunan, promosi, dan menumbuhkan kerja sama yang saling menguntungkan oleh kedua pihak. Canberra dengan perencanaan dan manajemen urban dinilai mampu menjadi mitra pembangunan bagi Nusantara.

"Ini adalah capaian baru bagi kita untuk bekerja sama dengan Canberra. Kami berharap kedepannya pertukaran pengetahuan bisa terjadi untuk hal-hal yang khusus dimiliki oleh kedua kota," ujar Kepala Otorita IKN, Bambang Susantono dalam keterangan resminya, Rabu (28/2/2024).



CEO of National Capital Authority of Australia, Sally Barnes menyambut antusias dengan adanya kerja sama dengan Otorita IKN. Sally juga berharap untuk bisa belajar banyak soal pembangunan berkelanjutan dan cerdas yang dicanangkan oleh Otorita IKN.

"Pembangunan Nusantara dengan konsep berkelanjutan dan hijau menjadi daya tarik di abad ke-21, tentunya akan mendapat banyak dukungan dari masyarakat luas termasuk kami," kata Sally.



Deputy Head of Mission Australia Embassy for Indonesia Steve Scott melihat kerja sama kedua negara akan saling menguntungkan mengingat Indonesia-Australia telah banyak melakukan kolaborasi di berbagai bidang.

"Australia berkomitmen untuk mendukung upaya pembangunan berkelanjatan dan pelestarian lingkungan yang dilakukan Indonesia. Selain itu kami juga berharap mampu membangun institusi pendidikan seperti kami membangun Central Queensland University di Balikpapan," ucap Steve.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1700 seconds (0.1#10.140)