Karier Militer Prabowo Subianto, Menhan RI yang Mendapat Pangkat Jenderal Kehormatan

Rabu, 28 Februari 2024 - 14:27 WIB
loading...
Karier Militer Prabowo Subianto, Menhan RI yang Mendapat Pangkat Jenderal Kehormatan
Menhan Prabowo Subianto mendapat kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan dalam Rapim TNI-Polri yang digelar di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024). FOTO/TANGKAPAN LAYAR YOUTUBE SETPRES
A A A
JAKARTA - Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto resmi mendapat kenaikan pangkat Jenderal Kehormatan TNI. Adapun penyematan pangkat tersebut dilakukan oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta, Rabu (28/2/2024).

Pemberian pangkat kehormatan ini didasarkan pada Keppres Nomor 13/TNI/Tahun 2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang Penganugerahan Pangkat Secara Istimewa berupa Jenderal TNI Kehormatan. Terkait alasannya, Presiden Jokowi menyebut penganugerahan ini menjadi bentuk penghargaan dan peneguhan untuk berbakti sepenuhnya kepada bangsa dan negara.

Sejalan dengan penyematan pangkat kehormatan ini, Prabowo Subianto resmi menyandang status jenderal bintang 4 (kehormatan). Sebelumnya, pemberian serupa pernah diberikan kepada tokoh seperti Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) hingga Menko Marves Luhut Binsar Panjaitan.



Melihat ke belakang, seperti apa sebenarnya jejak karier militer Prabowo Subianto? Simak ulasannya berikut ini.

Karier Militer Prabowo Subianto

Jenderal TNI (HOR) (Purn) Prabowo Subianto lahir di Jakarta, 17 Oktober 1951. Pada riwayatnya, ia merupakan putra dari pasangan Soemitro Djojohadikusumo dan Dora Marie Sigar.

Sebelum terjun ke ranah politik Tanah Air, Prabowo dulunya lebih dulu berkecimpung di militer. Ia masuk Akademi Militer (Akmil) dan lulus pada tahun 1974.

Pasca lulus pendidikan, Prabowo membangun karier militernya secara perlahan. Sekitar 1976, ia pernah dipercaya menjadi Komandan Peleton Grup I Komando Pasukan Sandhi Yudha (Kopassandha).

Sebagai informasi, pasukan tersebut dulu menjadi salah satu bagian dari operasi Tim Nanggala di Timor Timur. Menariknya, Prabowo yang kala itu masih berumur 26 tahun menjadi komandan termuda dalam operasi Tim Nanggala.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2571 seconds (0.1#10.140)