Tanggapi Sirekap KPU, Aliansi Pemuda Kawal Pemilu: Harusnya Suara Naik Terus

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:51 WIB
loading...
Tanggapi Sirekap KPU, Aliansi Pemuda Kawal Pemilu: Harusnya Suara Naik Terus
Aliansi Pemuda Kawal Pemilu menemukan kecacatan website Sirekap besutan KPU. Hal ini berdasarkan pengamatan dalam penghitungan suara Pemilu 2024. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Aliansi Pemuda Kawal Pemilu menemukan kecacatan website Sirekap besutan Komisi Pemilihan Umum ( KPU ). Hal ini berdasarkan pengamatan dalam penghitungan suara Pemilu 2024.

Menurut Koordinator Aliansi Pemuda Kawal Pemilu, Ikhsan Ade Putra mengungkapkan, adanya suara hilang dalam Sirekap yang membuat suara dari semua partai politik (parpol) peserta Pemilu 2024 mengalami naik turun setiap jamnya.

"Iya ada (suara hilang), karena yang harusnya suara partai itu tiap hari itu harusnya naik begitu. Nah pergantian harinya ada lagi penurunan, bahkan per jam itu ada penurunan," ucap Ikhlas saat konferensi pers di daerah Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (28/2/2024).



Seharusnya lanjut Ikhlas, suara parpol di Sirekap mengalami kenaikan setiap harinya. Bukan malah mengalami penurunan.

"Nah kalau dilihat dari Sirekap kan yang tiap harinya itu, harus presentasinya naik, cuma kan ada juga penurunan dari beberapa semua partai, saya lihat temuan-temuan kita di lapangan," ucap Ikhlas.

"Kita di web Sirekap juga partai itu ada yang turun, ada juga yang naik secara signifikan, tidak wajar. Maka dari itu kami konsisten tetap mengawal menyikapi terkait dengan inkonsistensi sirekap tersebut," sambungnya.

Ikhsan menambahkan, pihaknya tak ingin mendetailkan partai mana saja yang mengalami kenaikan dan penurunan suara. Karena semua partai mengalami kerugian yang sama dalam temuan Aliansi Pemuda Kawal Pemilu.

"Kalau itu kami rasa belum mampu menyimpulkan seperti itu karena semua partai terjadi seperti itu, enggak ada satu partai yang digelembungkan. Ada beberapa partai memang semua partai itu saya lihat memiliki nasib sama gitu," tutup Ikhlas.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1107 seconds (0.1#10.140)