Partainya Naik 400 Persen di NTT, Kaesang Dinilai Berikan Dampak Positif

Rabu, 28 Februari 2024 - 16:03 WIB
loading...
Partainya Naik 400 Persen di NTT, Kaesang Dinilai Berikan Dampak Positif
Ketua Umum DPP PSI Kaesang Pangarep dinilai memberikan efek besar terhadap perolehan suara partai berlambang bunga mawar itu di NTT. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dinilai memberikan efek besar terhadap perolehan suara partai berlambang bunga mawar itu di Nusa Tenggara Timur (NTT). Sebab, terjadi lonjakan hingga 400 persen dalam perolehan kursi DPRD dan DPR RI.

Ketua DPW NTT, Christian Widodo mengatakan, saat ini proses perhitungan suara masih dalam proses pleno di kecamatan. Sejauh ini untuk DPRD Provinsi NTT, PSI berpotensi mendapatkan enam kursi.

"Sejauh ini DPRD Provinsi NTT itu berpotensi enam kursi, waktu 2019 yang lalu kita satu kursi saja dari PSI. Sekarang menjadi 6 kursi berarti peningkatannya 600 persen," kata Christian Widodo, Rabu (28/2/2024).



Peningkatan juga terjadi untuk perolehan kursi di tingkat kota dan kabupaten. Pada Pemilu 2019, Christian mengungkapkan, PSI hanya bisa mendapatkan 11 kursi.

"Untuk total keseluruhan kursi baik itu provinsi, kota, maupun kabupaten tahun 2019 yang lalu cuma 11 kursi, sekarang menjadi 40 kursi. Artinya meningkat hampir 400 persen," terangnya.

Dalam real count di Dapil NTT 2, dia menjelaskan, PSI sudah memperoleh 5,23 persen suara. Sementara data yang masuk baru sekitar 50 persen.

"Jadi kami sangat yakin bahwa PSI akan lolos ke Senayan tembus PT 4 persen," tegas Christian.

Peningkatan suara ini tentunya tidak lepas dari peran Ketum PSI Kaesang. Kehadiran Kaesang menjadikan PSI sebagai representasi partai yang dipilih oleh Presiden Joko Widodo.

"Di NTT basis pemilih Pak Jokowi itu 90 persen, kemarin 2019 itu kemenangan Pak Jokowi di NTT. Tentu dengan hadirnya Mas Kaesang tentu sangat berpengaruh," tutupnya.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1711 seconds (0.1#10.140)