alexametrics

Pengusaha dan Pemerintah Bersinergi Kuatkan Rupiah

loading...
Pengusaha dan Pemerintah Bersinergi Kuatkan Rupiah
Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia bersama dengan pemerintah bersinergi demi penguatan rupiah dengan melakukan pertemuan terkait stabilisasi mata uang NKRI.

Ketua Umum Kadin Indonesia Rosan Perkasa Roeslani mengatakan, pemerintah memberikan banyak masukan positif ke dunia usaha, sehingga dalam kesempatan ini, Kadin menyampaikan apresiasi.

"Sangat responsif terhadap keadaan sekarang. Butuh sinergi bersama, dunia usaha, pemerintah dan BI punya tujuan bersama kembangkan ekonomi yang sehat dengan tumbuh secara berkualitas," ujarnya di Jakarta, Rabu (15/8/2018).



Rosan menjelaskan, dari data statistik yang ada, kebijakan fiskal membuat perekonomian Indonesia masih terus tumbuh di tengah ketidakpastian global, khususnya untuk menguatkan rupiah.

"Saya mengapresiasi BI yang responsif dengan kepastian dunia usaha. Bagaimana kita sinegi terus membawa penguatan mata uang kita," katanya.

Salah satu masukan yang disampaikan oleh BI dan pemerintah, kata Rosan, dari 100% Devisa Hasil Ekspor (DHE), baru 80-81% yang masuk ke Indonesia. Dan dari jumlah tersebut, baru 15% yang ditukarkan ke rupiah. Dengan kondisi ini, lanjut Rosan, ingin mengajak pengusaha ikut membantu penguatan rupiah dengan menukarkan dolar Amerika Serikat (USD) ke rupiah.

"Kepastian hal tersebut dapat dilakukan dengan opsi BI bahwa saat perusahaan butuh USD dan rupiah, dapat diberikan dengan suku bunga yang baik," pungkasnya.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak