alexametrics

TIPS Gandeng Citilink dan AP II Optimalkan Bagasi Penumpang

loading...
TIPS Gandeng Citilink dan AP II Optimalkan Bagasi Penumpang
TIPS gandeng Citilink dan AP II optimalkan bagasi penumpang. Foto/Dok.TIPS
A+ A-
JAKARTA - PT TIPS Inovasi Indonesia menghadirkan aplikasi TIPS, sebuah platform digital yang memanfaatkan jatah bagasi penumpang yang tidak terpakai untuk mengirimkan barang antar kota secara cepat dan aman, serta tiba di tujuan di hari yang sama. Platform digital ini mengoptimalkan utilisasi ruang bagasi penumpang penerbangan domestik.

TIPS menjalin kerja dengan PT Citilink Indonesia yang merupakan LCC (Low Cost Carrier) dengan OTP (On-time Performance) terbaik di Indonesia untuk memastikan akurasi waktu pengiriman.

"Mengutip data BPS 2016, setiap penumpang penerbangan domestik, memiliki jatah bagasi 15-20 kg. Faktanya, utilisasi ruang bagasi penumpang penerbangan domestik hanya mencapai 42%. Dengan kata lain, ada 58% ruang bagasi penumpang yang tidak terpakai," ujar CEO PT TIPS Inovasi Indonesia Vincent Kusuma di Jakarta, Rabu (15/8/2018).

Di sisi lain, pertumbuhan nilai transaksi e-commerce di Indonesia mencapai 78% per tahun, tertinggi di dunia saat ini, yang memunculkan kebutuhan jasa pengiriman sekitar 80 juta paket per bulan (PPRO payments & E-Comerce Report 2018).

Hal ini menginspirasi TIPS untuk memanfaatkan jatah bagasi penumpang yang tidak terpakai untuk mengirimkan barang antar kota secara cepat dan aman, serta tiba di tujuan di hari yang sama. Dengan demikian, secara tidak langsung, biaya penerbangan bagi penumpang menjadi lebih terjangkau.

Di lain sisi, kehadiran TIPS menghadirkan alternatif baru dalam pengiriman barang antar kota yang dapat tiba di hari yang sama (Same Day Delivery Service) bagi masyarakat Indonesia.

"Melalui aplikasi TIPS Inovasi yang tersedia pada piranti berbasis Android dan iOS, penumpang yang memiliki jatah bagasi yang tidak terpakai dapat memperoleh insentif dengan berbagi bagasi tersebut," katanya.

Menurut dia, pola crowd shipping dengan keamanan berlapis oleh pihak otoritas bandara ini merupakan model bisnis yang pertama kali ada di dunia. "Semoga kehadiran TIPS bisa membawa manfaat bagi seluruh masyarakat Indonesia. Karena dengan TIPS, berbagi bagasi dompet terisi, kiriman sehari sampai," tutur Vincent.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak