Perang Dagang AS-China, HT Sarankan Bentuk Special Economic Zone

Kamis, 16 Agustus 2018 - 09:01 WIB
Perang Dagang AS-China, HT Sarankan Bentuk Special Economic Zone
Perang Dagang AS-China, HT Sarankan Bentuk Special Economic Zone
A A A
JAKARTA - Perang dagang Amerika Serikat (AS) lawan China, menurut Ketum Partai Perindo Hary Tanoesoedibjo (HT) seharusnya bisa dimanfaatkan Indonesia. Dalam hal ini, melobi perusahaan China yang terkena dampak penerapan tarif tinggi oleh Negeri Paman Sam -julukan AS-.

"Adanya trade war antara US dan China seharusnya dimanfaatkan oleh Pemerintah Indonesia untuk melobby pabrikan di China yang terkena dampaknya untuk memindahkan pabriknya ke Indonesia," ujar HT menyikapi gejolak perdagangan global di Jakarta, Kamis (16/8/2018).

Lebih lanjut, HT juga menerangkan situasi perang dagang antara dua ekonomi terbesar di dunia tersebut bisa menjadi peluang bagi Indonesia. Terangnya, hal itu dapat meningkat investasi, cadangan devisa dan lapangan kerja bagi Indonesia untuk jangka menengah dan panjang.

"Pemerintah perlu membentuk special economic zone untuk perusahaan berbasis ekspor dengan memberikan kemudahan kebijakan seperti perizinan, penyediaan infrastruktur, regulasi perburuhan, pajak dalam lainnya," paparnya.

Sebagai informasi, badan perdagangan utama AS sebelumnya menerangkan pajak impor senilai 25% akan berlaku serta tambahan USD16 miliar dari impor tahunan produk China. Diterangkan hal ini menjadi bagian dari kelanjutan secara lebih luas tarif AS senilai USD50 miliar yang diumumkan pada bulan Maret.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0075 seconds (0.1#10.140)