alexametrics

Pamer Rebut Freeport dan Blok Rokan, Jokowi Ngaku Tegas ke Asing

loading...
Pamer Rebut Freeport dan Blok Rokan, Jokowi Ngaku Tegas ke Asing
Presiden Jokowi pamer telah merebut aset-aset kekayaan alam dari penguasaan asing, mulai dari Blok Migas Mahakam hingga Freeport saat pidato kenegaraan di DPR. Foto/Rina
A+ A-
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) pamer telah merebut aset-aset kekayaan alam Indonesia dari penguasaan tangan asing, mulai dari Blok Migas Mahakam, Blok Migas Sanga-Sanga, Blok Migas Rokan, dan mayoritas saham Freeport. Menurutnya hal itu terjadi lantaran ketegasan pemerintah dalam menjaga kekayaan alam untuk berdaulat atas sumber daya alam sendiri.

“Setelah beberapa dekade berada di tangan pihak lain, Blok Migas Mahakam, Blok Migas Sanga-Sanga, Blok Migas Rokan, dan mayoritas saham Freeport kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi yang sebesar-besarnya digunakan bagi kemakmuran rakyat,” ujar Jokowi dalam Pidato Kenegaraan dalam rangka Hari Ulang Tahun ke-73 RI di Gedung Nusantara I DPR RI, Kamis (16/8/2018).

Dia juga menerangkan, ketegasan pemerintah di sektor maritim mulai dari laut, teluk, sampai dengan samudra yang terus dijaga dari aksi pencurian ikan yang dulu disebutkan marak terjadi di perairan Tanah Air. Untuk mengakuisisi Freeport, pemerintah dan pemerintah daerah akan membentuk konsorsium. Nantinya, 51% saham Freeport akan dimiliki konsorsium tersebut.



"Kita akan bersama Pemda dan Pemprov untuk masuk ke saham, supaya tidak pecah-pecah dan supaya kita mayoritas. Kalau kita masuk sendiri-sendiri nanti kepemilikannya sendiri-sendiri. Kita akan kerja sama masuk sebagai perusahaan yang mayoritas," jelasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak