alexametrics

Harga Minyak Dunia Tergerus di Bayangi Pelemahan Ekonomi Global

loading...
Harga Minyak Dunia Tergerus di Bayangi Pelemahan Ekonomi Global
Harga minyak mentah dunia jatuh pada perdagangan, Jumat (17/8/2018) di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Foto/Ilustrasi
A+ A-
TOKYO - Harga minyak mentah dunia jatuh pada perdagangan, Jumat (17/8/2018) saat minyak Amerika Serikat (AS) menuju penurunan mingguan ketujuh di tengah meningkatnya kekhawatiran tentang perlambatan pertumbuhan ekonomi global. Pasalnya terhambatnya ekonomi global bisa menekan permintaan terhadap produk minyak bumi.

Dilansir Reuters hari ini, harga minyak mentah berjangka Brent tercatat mengalami penyusutan sebesar 5 sen menjadi USD71,38 per barel pada pukul 00.50 GMT. Sedangkan harga minyak mentah berjangka AS yakni West Texas Intermediate (WTI) lebih rendah 4 sen ke level USD 65,42 per barel.

Brent sendiri menuju penurunan mingguan sebesar 2%, untuk menjadi penyusutan mingguan ketiga beruntun. Sementara WTI berada di jalur untuk kejatuhan dalam tujuh pekan terakhir dengan penurunan lebih dari 3%.

Data pada hari Rabu, kemarin menunjukkan peningkatan besar dalam inventaris AS hingga mendorong kekhawatiran tentang perkiraan permintaan bahan bakar. Di sisi lain minyak mentah juga tertekan oleh penjualan komoditas industri yang lebih luas ditambah krisis keuangan Turki.

China dan Amerika Serikat telah menerapkan beberapa kebijakan tarif perdagangan dan mengancam terus berlanjut atas ekspor senilai ratusan miliar dolar, yang dapat menekan pertumbuhan ekonomi global. Pada saat yang sama, krisis yang mencengkeram lira Turki telah mengguncang pasar negara berkembang dan meluas di seluruh ekuitas, obligasi dan bahan baku.

Data AS yang diumumkan kemarin, menunjukkan output minyak mentah meningkat sebesar 100.000 barel per hari menjadi 10,9 juta bpd dalam pekan yang berakhir 10 Agustus. Persediaan mentah C-STK-T-EIA meningkat 6,8 juta barel, mewakili kenaikan mingguan terbesar sejak Maret tahun lalu.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak