7 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Berbagai Daerah, Ada yang Terjaga sejak Abad ke-14

Sabtu, 02 Maret 2024 - 06:00 WIB
loading...
7 Tradisi Unik Menyambut Ramadan di Berbagai Daerah, Ada yang Terjaga sejak Abad ke-14
Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik jelang Ramadan yang sudah dilakukan secara turun temurun. Foto/ ist
A A A
JAKARTA - Ramadan menjadi bulan yang sangat ditunggu seluruh umat Muslim karena menjadi bulan yang penuh keberkahan. Tidak heran jika kemeriahan jelang Ramadan sudah mulai terasa di seluruh penjuru negeri ini.

Beberapa daerah di Indonesia memiliki tradisi unik jelang Ramadan . Tradisi tersebut pun sudah dilakukan secara turun temurun dan tetap terjaga hingga saat ini.



Berikut beberapa tradisi unik Ramadhan di Indonesia, dirangkum dari berbagai sumber:

1. Meugang, Aceh
Masyarakat Aceh menyambut Ramadhan dengan tradisi Meugang yang merupakan tradisi memasak daging dan menikmatinya bersama dengan keluarga, kerabat, orang yang tidak mampu, maupun anak yatim piatu. Suasana kebersamaan dan tradisi saling berbagi pun tercipta kala melaksanakan meugang

Tradisi yang juga kerap disebut Makmeugang atau Haghi Mamagang ini dilaksanakan saat menjelang bulan Ramadan, Hari Raya Idul Fitri, dan Hari Raya Idul Adha. Meugang sudah ada dari sejak zaman kerajaan Aceh Darussalam, yaitu sekitar abad ke-14.

2. Padusan, Boyolali
Padusan adalah kegiatan mandi atau berendam di sumur atau mata air yang dianggap kramat. Padusan ini memiliki makna agar jiwa dan raga seseorang yang akan melakukan ibadah puasa bersih secara lahir dan batin sehingga bisa melakukan ibadah puasa dengan lancar.

3. Pacu Jalur, Riau
Pacu jalur beberapa waktu lalu sempat viral di media sosial Pacu Jalur merupakan sebuah perlombaan mendayung yang berasal di Riau. Ternyata, pacu jalur menjadi tradisi yang sportif dan kekeluargaan, yang digelar jelang Ramadhan. Kini, pacu jalur juga dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan RI.

Pacu Jalur merupakan perlombaan dayung perahu berukuran 40 meter, berisi 40 hingga 60 orang, dan berlokasi di Sungai Kuantan. Perahu yang telah dirias akan beradu kecepatan dengan didayung oleh puluhan pria.

4. Long Bumbung, Karanganyar
Long bumbung atau membunyikan meriam bambu sering dijumpai saat menyambut kedatangan Bulan Ramadan. Masyarakat Karanganyar begitu akrab dengan tradisi yang satu ini.'
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2576 seconds (0.1#10.140)