5 Pangdam Baru yang Ditunjuk Panglima TNI, Nomor Terakhir Peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama

Sabtu, 02 Maret 2024 - 05:50 WIB
loading...
5 Pangdam Baru yang Ditunjuk Panglima TNI, Nomor Terakhir Peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama
Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto saat memimpin laporan korps kenaikan pangkat 17 perwira tinggi TNI pada 23 Desember 2023. FOTO ILUSTRASI/DOK tni.mil.id
A A A
JAKARTA - Terdapat 5 pangdam baru yang ditunjuk oleh Panglima TNI Agus Subiyanto dalam mutasi terbaru, 21 Februari 2024. Salah satunyamerupakan peraih penghargaan Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama Akademi Militer (Akmil) 1993.

Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto kembali melakukan rotasi dan mutasi melalui Surat Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/216/II/2024 tanggal 21 Februari 2024 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan di lingkungan Tentara NasionalIndonesia. Total ada 38 Perwira Tinggi (Pati) TNI, baik Angkatan Darat, Angkatan Laut, dan Angkatan Udara yang pindah jabatan.Dari jumlah itu, lima di antaranya diangkat menjadi Pangdam.

Pangdam merupakan pemimpin Komando Daerah Militer (Kodam), komando utama pembinaan dan operasional kewilayahan TNI Angkatan Darat.Jabatan tersebut diisi oleh perwira tinggi TNI berpangkat Mayor Jenderal atau jenderal bintang dua. Lalu siapa saja Pangdam barutersebut?



5 Pangdam Baru yang ditunjuk Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto:

1. Mayjen TNI Deddy Suryadi

5 Pangdam Baru yang Ditunjuk Panglima TNI, Nomor Terakhir Peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama

FOTO/DOK.Dinas Penerangan Angkatan Darat

Di urutan pertama adalah Mayjen TNI Deddy Suryadi. Lulusan Akmil 1996 tersebut diplot menjadi Pangdam IV/Diponegoro menggantikanMayjen TNI Tandyo Revita yang mendapat promosi sebagai Wakil Kepala Staf TNI AD (Wakil KSAD).

Deddy Suryadi tumbuh dan besar di Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Tentara kelahiran Bandung, 14 September 1973 itu pernahmenempati jabatan militer strategis. Antara lain Danyon 222 Grup 2/Sandi Yudha, Dandenma Kopassus, Dandim 0623/Cilegon, Dan Grup2/Sandi Yudha, dan Ajunda Presiden Presiden RI (2017-2019).

Setelah itu, karier Deddy Suryadi terus menanjak. Ia ditunjuk menjadi Kasrem 061/Surya Kencana, Danrem 074/Warastrama, WadanjenKopassus, Kasdam IV Diponegoro, dan Danjen Kopassus. Pada pertengahan Februari 2024, lulusan terbaik Susreg XLVII 2010 itudiangkat menjadi Pangdam VI/Diponegoro.

2. Mayjen TNI Mohammad Fadjar

5 Pangdam Baru yang Ditunjuk Panglima TNI, Nomor Terakhir Peraih Adhi Makayasa dan Tri Sakti Wiratama

FOTO/DOK.KEMHAN

Selanjutnya ada nama Mayjen TNI Mohammad Fadjar dalam daftar pangdam baru yang dimutasi Panglima TNI. Lulusan Akmil 1993 darikecabangan Infanteri (Kopassus) itu dipercaya menjadi Pangdam III/Siliwangi.

Mohammad Fadjar menggantikan Mayjen TNI Erwin Djatniko yang digeser menjadi Inspektur Jenderal TNI Angkatan Darat (Irjenad).Sebelumnya tentara kelahiran Ambon, Maluku, 14 Agustus 1971 itu Dirjen Pothan Kementerian Pertahanan (Kemhan).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1463 seconds (0.1#10.140)