alexametrics

bank bjb Tebar Bantuan untuk Korban Bencana di Seluruh Wilayah RI

loading...
bank bjb Tebar Bantuan untuk Korban Bencana di Seluruh Wilayah RI
bank bjb menebar bantuan kepada korban bencana alam yang terjadi di seluruh wilayah Indpnesia.
A+ A-
BANDUNG - Gempa bumi berkekuatan 6,2 skala richter kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Rabu (8/8/2018). Aktivitas tektonik tersebut merupakan rangkaian dari sekitar 600 gempa susulan yang mengguncang NTB sejak akhir Juli lalu.

Getarannya cukup kuat sehingga menyebabkan sejumlah genting berjatuhan dan kaca jendela pecah. Pada waktu bersamaan, sejumlah insan bank bjb yang dipimpin Direktur Utama Ahmad Irfan tengah berada di posko pusat bencana di depan Rumah Sakit Umum Daerah Tanjung, Lombok Utara.

Mereka terpanggil membantu sesama dengan mendatangi pusat bencana demi kemanusiaan, sambil mengambil risiko terkena ancaman gempa susulan. Ketika itu, Ahmad Irfan bersama pejabat Gubernur Jawa Barat Mochamad Iriawan tengah menyalurkan bantuan sosial yang diberikan langsung kepada Bupati Lombok Utara Najmul Akhyar serta Kapolda NTB Achmat Juri.

Gempa susulan membuat penyaluran bantuan terhenti sejenak karena massa bergerak spontan saling melindungi dan berpindah menghindari bangunan tinggi. Keesokan harinya, bank bjb terus bergerak memberikan sumbangan kepada Pemerintah Provinsi NTB melalui Sekretaris Daerah Rosiady Husaenie Sayuti di Gedung Sangkariang Kantor Gubernur NTB.



Bahkan, perjalanan dilanjutkan dengan mengunjungi sejumlah titik bencana yang mengalami kerusakan infrastruktur paling parah dan memakan korban jiwa terbanyak di Pulau Seribu Masjid. Hingga Rabu, 15 Agustus 2018, gempa Lombok telah menewaskan sedikitnya 460 jiwa.

Total bantuan yang disalurkan bank bjb sebesar Rp1,6 miliar yang berasal dari program corporate social responsibiity (CSR) dan dari rekening Jabar Peduli. Bantuan disalurkan melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD). Jika diakumulasikan dengan bantuan dari Pemprov Jabar, maka dana yang berhasil disalurkan sebesar Rp3,6 miliar.

"Ini merupakan bentuk dari upaya kami untuk membangun Indonesia memahami negeri. Jika ada musibah bencana alam, bank bjb akan selalu sigap membantu, tidak hanya di Jabar dan Banten, tapi juga di seluruh wilayah Indonesia," ujar Ahmad Irfan.

Selang beberapa hari, sejumlah tokoh Jabar bergantian menyambangi Lombok sebagai solidaritas, salah satunya Gubernur Jawa Barat terpilih Ridwan Kamil. Dalam kesempatan tersebut Emil menyerahkan bantuan dana sebesar Rp2 miliar atas nama Pemerintah Kota Bandung.

Bantuan tersebut didapat melalui CSR bank bjb sebesar Rp500 juta, penggalangan dana di kitabisa.com dan offline dari warga Bandung yang disalurkan kepada tiga lembaga di Lombok yaitu Aksi Cepat Tanggap, Dompet Dhuafa dan Relawan Bandung. Hingga kini, penggalangan dana masih terus dilakukan Emil melalui beragam cara, mulai dari lelang pakaian dan meneruskan donasi di kitabisa.com.

Bagi bank bjb sendiri, aksi tanggap gempa Lombok bukan prolog cerita yang akan berakhir sementara. Jauh hari sebelum rentetan gempa bumi menghancurkan Lombok, bank bjb telah membuktikan dedikasi dan kepeduliannya terkait isu kemanusiaan. Cerita di Kabupaten Pidie Jaya di Provinsi Aceh dan Kota Bima yang menjadi bagian dari Pulau Sumbawa dapat dijadikan contoh.

bank bjb Tebar Bantuan untuk Korban Bencana di Seluruh Wilayah RI

Contohnya dua tahun lalu saat terjadi bencana serupa di Kabupaten Pidie Jaya, Aceh, serta bencana banjir di Kota Bima, NTB. bank bjb juga menyalurkan bantuan kepada korban bencana di kedua wilayah tersebut.
halaman ke-1 dari 2
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak