alexametrics

Harga Cabai dan Bawang Stabil saat Idul Adha

loading...
Harga Cabai dan Bawang Stabil saat Idul Adha
Harga cabai dan bawang stabil pada Idul Adha. Foto/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Direktur Jenderal Hortikultura Kementerian Pertanian, Suwandi, menyatakan harga komoditas sayuran, khususnya aneka cabai dan bawang menjelang dan saat Idul Adha 1439 Hijriah terpantau aman. Harga sayuran termasuk bawang dan cabai terpantau stabil sehingga tidak ada gejolak harga di seluruh Indonesia.

"Masyarakat Indonesia saat ini sudah semakin cerdas dan cool dalam mengelola konsumsi atau belanja pangan harian. Tidak panik saat ada isu kenaikan harga," ujar Suwandi di Jakarta, Selasa (22/8/2018).

Dia menilai sikap positif konsumen tersebut turut mendukung terciptanya stabilitas harga. Karena memang kenyataannya produksi dan pasokan sayuran secara nasional hingga saat ini sangat mencukupi. Hal ini berdasarkan data panel harga di Posko Hortikultura yang merekam harga di tingkat petani sentra seluruh Indonesia, khususnya bawang dan aneka cabai.



"Harga bawang merah di tingkat petani Rp8.000-Rp13.000 per kilogram. Harga cabai rawit merah Rp16.000 per kg, cabai merah besar TW Rp16.466 per kg dan cabai merah keriting Rp16.375 per kg," sebut Suwandi.

Senada, Direktur Pengolahan dan Pemasaran Hortikultura, Yasid Taufik, mengatakan harga pangan khususnya sayuran di DKI Jakarta menjelang dan saat Idul Adha 2018 terkonfirmasi stabil.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak