Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Majapahit di Bumi Nusantara

Senin, 04 Maret 2024 - 11:00 WIB
loading...
Sejarah Singkat Berdirinya Kerajaan Majapahit di Bumi Nusantara
Raden Wijaya merupakan raja pertama sekaligus pendiri dari Kerajaan Majapahit. Foto/Instagram @ainusantara
A A A
Bagaimana sejarah berdirinya Kerajaan Majapahit? Berdirinya kerajaan yang pernah jadi yang terbesar di nusantara ini rupanya masih berkaitan dengan runtuhnya Kerajaan Singasari.

Runtuhnya Kerajaan Singasari bentukan Ken Arok pada 1292 Masehi, ternyata adalah awal mula dari sejarah berdirinya Kerajaan Majapahit.

Ketika Singasari runtuh sebab pemberontakan yang dilakukan oleh raja Gelanggelang, Jayakatwang, muncullah sosok pendiri Kerajaan Majapahit, yakni Raden Wijaya.

Ketika Kerajaan Singasari berada di ujung tanduk, cucu Raja Singasari yang bernama Raden Wijaya, melarikan diri dan meminta bantuan dari Arya Wiraraja.



Dari situlah Raden Wijaya membuat desa kecil di hutan Trowulan yang diberi nama Desa Majapahit. Nama Majapahit diambil dari nama buah yang ditemukan di Hutan yang bernama Maja. Tetapi, buah tersebut diketahui berasa pahit.

Seiring berjalannya waktu, desa Majapahit terus mengalami perkembangan. Bahkan Raden Wijaya berhasil menarik perhatian dari penduduk Tumapel dan Daha.

Hasilnya, Raden Wijaya sukses membangun kekuatan dengan tambahan bantuan dari pasukan Kubilai Khan pada 1293 M. Pasukan tersebut lantas digunakan untuk membalaskan dendam runtuhnya kerajaan Singasari dengan menyerbu Jayakatwang.

Dari proses tersebut, rupanya Raden Wijaya justru berkhianat dan menyerang pasukan Kubilai Khan karena tidak ingin tunduk di bawah Kekaisaran Mongol yang pada masa itu tengah berada di era kejayaannya di wilayah Asia.



Keberhasilan itu lantas membuat Raden Wijaya memimpin kekuasaan wilayah Jawa dan Majapahit. Dirinya juga dinobatkan sebagai raja pada tanggal 10 November 1293.

Raden Wijaya akhirnya memiliki gelar Kertarajasa Jayawardhana. Hal tersebut pun diyakini menjadi awal mula berdirinya Kerajaan Majapahit.

Itulah asal usul berdirinya Kerajaan Majapahit yang masih berkaitan dengan Kerajaan Singasari. Kerajaan Majapahit sendiri berada di masa kejayaannya ketika Hayam Wukur bersama Patih Gajah Mada memerintah kerajaan tersebut.
(ams)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0756 seconds (0.1#10.140)