Bidik Pasar Ritel, Tanamduit Tawarkan SBR004

Senin, 27 Agustus 2018 - 15:10 WIB
Bidik Pasar Ritel, Tanamduit Tawarkan SBR004
Bidik Pasar Ritel, Tanamduit Tawarkan SBR004
A A A
JAKARTA - PT Star Mercato Capitale pengelola aplikasi Tanamduit yang merupakan mitra distribusi resmi ditetapkan pemerintah untuk pembelian instrumen Surat Berharga Negara (SBN) menawarkan SBR004 dan reksa dana melalui aplikasi tersebut.

Direktur Pengembangan Bisnis Tanamduit Muhammad Hanif mengatakan, pembelian instrumen SBR004 melalui Tanamduit dapat dilakukan secara online dengan dua cara yakni melalui website dan aplikasi Android dan iOS.

"Kini nasabah existing maupun potensial dapat membeli SBR004 dan reksa dana sekaligus dalam satu aplikasi Tanamduit. Fitur investasi tersebut kami kembangkan untuk memudahkan nasabah berinvestasi melalui aplikasi," kata Hanif dalam pers rilisnya di Jakarta, Senin (27/8/2018).

Menurutnya, pemesanan minimum SBR004 ini sebesar Rp1 juta dan maksimum sebesar Rp3 miliar. Sama seperti produk SBR sebelumnya, SBR004 tidak dapat diperdagangkan di pasar sekunder dan tidak dapat dicairkan hingga jatuh tempo kecuali pada masa pelunasan sebelum jatuh tempo (early redemption).

"Peminat SBR ini cukup tinggi karena terbilang investasi yang aman, terjangkau dan menguntungkan, terlebih jika investor membeli lewat Tanamduit, kami akan berikan promo cashback sebesar 2%," ujarnya.

Sebagai informasi, SBR004 memiliki besaran kupon sebesar 8,05% yang lebih tinggi dari SBR003 atau seri sebelumnya yang hanya sebesar 6,8%. Berdasarkan hasil penjualan surat utang seri sebelumnya (SBR003) yang memesan melalui Tanamduit banyak berasal dari generasi milenial.

Tanamduit bersama dengan mitra distribusi fintech lainnya berkontribusi sebanyak 14% dari jumlah total investor, dengan hasil yang dihimpun oleh Tanamduit sendiri sebesar 0,32% dari atau sekitar Rp6,2 miliar.

Meski belum signifikan dibandingkan dengan total dana keseluruhan, menurut Hanif, keberhasilan Tanamduit dalam menggaet investor ritel membuat pemerintah mempercayakan kembali penjualan SBR 004 secara online.

Hanif juga menambahkan bahwa Tanamduit berhasil menggaet para investor ritel, sehingga dibandingkan dengan surat utang lainnya persebaran investor juga lebih luas dan dapat menjangkau hampir seluruh daerah di Indonesia.

Selain itu ekspansi bisnis Tanamduit akan gencar dilakukan dengan mengambil langkah strategis dan menggandeng sejumlah mitra untuk bekerja sama dalam investasi berbasis online tersebut. Pihaknya juga menyebut tingginya peminat investasi belakangan ini melalui aplikasi Tanamduit memerlukan solusi peningkatan modal untuk dapat berekspansi.

"Sebagai bagian dari strategi bisnis, kami sedang melakukan proses penambahan modal. Diharapkan dalam kuartal ketiga ini dapat segera terealisasi yang akan digunakan sebagai tambahan modal kerja dan pengembangan bisnis," tutup Hanif.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0244 seconds (0.1#10.140)