Dukung Pengembangan Bandara, BTN Kucurkan Kredit ke AP II Rp1 T

Selasa, 28 Agustus 2018 - 14:58 WIB
Dukung Pengembangan Bandara, BTN Kucurkan Kredit ke AP II Rp1 T
Dukung Pengembangan Bandara, BTN Kucurkan Kredit ke AP II Rp1 T
A A A
JAKARTA - PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. mengucurkan kredit korporasi senilai Rp1 triliun untuk PT Angkasa Pura II (Persero). Pembiayaan tersebut diberikan untuk meningkatkan pengembangan bandar udara di lingkungan AP II sekaligus dalam rangka mendukung sinergi Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terus menggelar sinergi untuk meningkatkan kinerja bisnis perseroan.

Direktur Bank BTN Oni Febriarto R. mengatakan pengembangan infrastruktur, termasuk bandara, akan memiliki dampak berlipat ganda bagi industri lain. Pengembangan infrastruktur, lanjutnya, memberikan stimulus bagi perekonomian masyarakat sekitar sehingga akan meningkatkan daya beli dan ekonomi pada kawasan tersebut.

Pengembangan bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero) terus dilakukan dalam rangka antisipasi lonjakan penumpang yang diproyeksikan akan mencapai lebih dari 150 juta penumpang per tahun pada 2020.

Sebagai pengelola 15 bandara di Indonesia, Angkasa Pura II siapkan dana guna mengembangkan usaha dan peningkatan fasilitas di bandara-bandara yang dikelola seperti program pembangunan runway ketiga, east cross taxiway, revitalisasi terminal 1 dan terminal 2 serta rencana pengembangan terminal ke-4 untuk menambah kapasitas dari bandara soekarno-hatta.

Dalam pemenuhan kebutuhan dana capex tersebut, Angkasa Pura II melakukan pendanaan salah satunya dengan menggandeng anggota Himpunan Bank Negara (Himbara) yakni Bank BTN.

Melalui sinergi dengan AP II, Oni mengungkapkan menjadi langkah strategis perseroan untuk mendukung pengembangan infrastruktur. "Selain rencana pemberian kredit korporasi senilai Rp1 triliun ini, Bank BTN juga membuka peluang kerja sama lainnya untuk mendukung perekonomian negeri,” jelas Oni usai penandatanganan Nota Kesepahaman (MOU) antara Bank BTN dengan AP II di Jakarta.

Lanjut Oni menjelaskan beberapa peluang kerja sama yang bakal dijajaki ke depannya yakni penyediaan jasa layanan dana, pemanfaatan fasilitas kredit dan pembiayaan, serta jasa layanan perbankan lainnya. Beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan AP II seperti Pengelolaan Dana Operasional Korporasi, Fasilitas Kredit/Pembiayaan Korporasi dalam bentuk Kredit Investasi, Kredit Modal Kerja dan Kredit Sindikasi.

“Dengan adanya fasilitas pendanaan ini, akan mempercepat pengembangan infrastruktur di bandara yang dikelola PT Angkasa Pura II (Persero). Saat ini AP II telah mengelola 15 bandara yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk yang terbaru adalah Bandara Kertajati – Jawa Barat," ungkap Direktur Keuangan PT Angkasa Pura II (Persero), Andra Agussalam.

Bank BTN juga bakal memberikan pengelolaan dana konsumer bagi karyawan AP II dalam bentuk Tabungan dan Deposito. Karyawan perusahaan pengelola bandar udara ini juga bisa memperoleh fasilitas kredit serta pembiayaan kredit konsumer di antaranya dalam bentuk Kredit Pemilikan Rumah/Apartemen (KPR/KPA), Kredit Ringan Karyawan, dan Kredit Agunan Rumah. Fasilitas jasa dan layanan perbankan lainnya yang juga akan diberikan seperti Bank Garansi, SKBDN, Cash Management System, dan Virtual Account.

“Pengembangan fasilitas dan infrastruktur bandara terus dilakukan untuk memaksimalkan pelayanan. Dengan bertambahnya bandara yang kami kelola, kami optimis dapat meraih pendapatan lebih dari 20% dibandingkan dengan pendapatan tahun 2017 lalu," ucap Andra menambahkan.

Sementara itu, hingga semester I/2018, emiten bersandi saham BBTN ini telah mencatatkan penyaluran kredit komersial senilai total Rp15,48 triliun. Posisi tersebut tercatat naik 20,15% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp12,89 triliun pada semester I/2017.

Sebelumnya, di bidang perhubungan, Bank BTN juga telah bermitra dengan perusahaan hasil joint venture antara AP II dan PT Kereta Api Indonesia yakni PT Railink Indonesia. Melalui kerja sama dalam rangka sinergi BUMN tersebut, karyawan perusahaan pengelola kereta api bandara tersebut dapat menikmati fasilitas KPR, kredit untuk karyawan, kredit untuk renovasi rumah, dan pinjaman lainnya.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.2244 seconds (0.1#10.140)