alexametrics

Semester I, Laba Bersih Samindo Resources Melesat 139%

loading...
Semester I, Laba Bersih Samindo Resources Melesat 139%
Presdir PT Samindo Reources Tbk Kim, Jung Gyun (tengah) bersama Direktur Kim Hun Sung (kiri) dan Direktur Independen Ahmad Salehdi Jakarta, Selasa (28/8/2018). Foto/M Faizal
A+ A-
JAKARTA - PT Samindo Resources Tbk pada paruh pertama tahun ini mencatatkan kinerja yang sangat baik. Hal itu antara lain terlihat dari capaian laba bersih perseroan yang mencapai USD13,22 juta, melonjak 139% dibanding perolehan laba bersih di semester I tahun sebelumnya sebesar USD5,54 juta.

Pada periode yang sama, perseroan juga mencatatkan pertumbuhan pendapatan sebesar 30% menjadi USD111,82 juta. Kemudian, EBITDA sebesar USD25,64 juta atau tumbuh 75% dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

"Berkat kerja keras semua pihak, di semester pertama ini kinerja perseroan dari sisi operasional maupun keuangan jauh lebih baik dibanding tahun sebelumnya," ujar Presiden Direktur Samindo resources Kim, Jung Gyun di Jakarta, Selasa (28/8/2018).



Kim menjelaskan, demi menjaga performa, perusahaan penyedia jasa pertambangan batu bara terintegrasi tersebut secara ketat memperhatikan pengelolaan biaya, serta menerapkan efisiensi pada kegiatan operasionalnya.

Perseroan antara lain melakukan penyesuaian sejumlah kontrak, kemudian dari sisi operasional, meminimumkan idle time selama kegiatan untuk menghemat konsumsi bahan bakar. Perseroan juga secara berkala melakukan pemeliharaaan jalan tambang dan pengukuran kemiringan jalan untuk mempermudah laju kendaraan.

"Hal itu terbukti menghemat jumlah bahan bakar yang digunakan hingga 200.000 liter," kata Investor Relation Samindo Ahmad Zaki Natsir.

Dari sisi non-operasional, sambung Kim, meskipun porsinya tidak mendominasi, perseroan juga terus melakukan langkah penghematan, antara lain dengan memangkas biaya perjalan dinas, biaya peralatan kantor, dan lainnya.

Sejak beberapa tahun ke belakang, perseroan juga telah mengurangi jumlah pinjaman bank. Saat ini utang bank perseroan tinggal USD10 juta, dari sekitar USD48 juta pada tiga tahun sebelumnya. Sedangkan jumlah kas perseroan hampir dua kali dari jumlah utang bank.

"Ini semua adalah komitmen kami untuk memberikan tambahan nilai kepada para pemegang saham," tandas Kim.

Mengacu pada catatan positif selama paruh pertama ini, Kim optimistis kinerja perseroan akan terus membaik hingga akhir tahun. Samindo, kata dia, menargetkan tahun ini mampu mencetak laba bersih sebesar USD22 juta, atau 83% di atas capaian tahun 2017.

Dia menambahkan, sama seperti tahun-tahun sebelumnya, perseroan berkomitmen membagikan keuntungan yang diperoleh sebesar-besarnya bagi para pemegang saham.

"Beberapa tahun terakhir 80% dari profit dibagikan sebagai dividen kepada pemegang saham. Sekarang juga sama, jadi dengan target laba USD22 juta, bisa diestimasi berapa dividen yang akan dibagikan ke pemegang saham nantinya," pungkas dia.
(fjo)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak