Arkeolog Temukan Campur Tangan Tuhan di Balik Hancurnya Kota Sodom

Selasa, 05 Maret 2024 - 16:52 WIB
loading...
Arkeolog Temukan Campur Tangan Tuhan di Balik Hancurnya Kota Sodom
Arkeolog temukan Kehancuran yang tak tertandingi di Kota Sodom. FOTO/ The Coversations
A A A
AMMAN - Sebuah penelitian baru menunjukkan bahwa peristiwa bencana terbesar yang terjadi sekitar 3.600 tahun yang lalu, di Kota Tall el-Hammam, Yordania yang terkenal dengan Sodom adalah bentuk murka Tuhan.



.Meskipun tidak satu pun dari 8.000 penduduk Tall el-Hammam yang selamat untuk menceritakan peristiwa tersebut, para ahli berspekulasi bahwa orang-orang di wilayah tetangga menyaksikan ledakan tersebut dan menyebarkan laporan mengenai kehancurannya melalui tradisi lisan.

Menurut The Conversation, narasi-narasi ini akhirnya berkembang menjadi bentuk tertulis yang kemudian dimasukkan ke dalam Alkitab.

Diterbitkan dalam jurnal Scientific Reports, penelitian tersebut menyimpulkan bahwa baik letusan gunung berapi maupun gempa bumi tidak dapat menjelaskan penyebab lelehan logam dan keramik yang digali di Tall el-Hammam selama 15 tahun terakhir.

Bahan-bahan tersebut memerlukan suhu yang jauh lebih tinggi untuk mencair—suhu yang hanya dapat dicapai melalui ledakan meteorit, yang juga dikenal sebagai “semburan udara kosmik”.

Meskipun mendokumentasikan peristiwa 3.600 tahun yang lalu mungkin tampak menakutkan, rekan penulis studi James Kennett berfokus pada bukti nyata. Pendekatan ini mengarahkan dia dan timnya untuk memeriksa lelehan kaca dan logam yang terkubur di tanah hangus sedalam setinggi 1,5 m.

“Kami melihat bukti suhu lebih besar dari 2.000 derajat Celsius ,” jelas Kennett.

Dia dan rekan-rekannya percaya bahwa meteor yang meledak menjadi bola api sekitar 2,5 mil di atas bumi sudah lebih dari cukup untuk membakar seluruh kota.

Pakaian dan kayu akan langsung habis terbakar, sedangkan logam, batu bata lumpur, dan tembikar akan mendidih dan meleleh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0954 seconds (0.1#10.140)