SKK Migas Hemat Cost Recovery Rp350 Miliar dari General Affairs

Jum'at, 31 Agustus 2018 - 19:22 WIB
SKK Migas Hemat Cost Recovery Rp350 Miliar dari General Affairs
SKK Migas Hemat Cost Recovery Rp350 Miliar dari General Affairs
A A A
NUSA DUA - Satuan Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas) menargetkan efisiensi lingkup general affairs (GA) tahun ini mencapai Rp350 miliar.

Penghematan tersebut diperoleh dari operasional kantor mulai dari sewa gedung, transportasi untuk mobilisasi pekerja, fasilitas dan peralatan kantor, fasilitas kedinasan, travel dan akomodasi perjalanan dinas.

“Kami menargetkan peghemetan general affairs dari KKKS mencapai Rp350 miliar tak jauh beda dengan tahun lalu. Namun yang jelas efisiensi lingkup general affairs akan terus ditingkatkan,” ujar Vice President Of Operation SKK Migas Sapta Nugraha di sela acara GA Forum 2018, di Nusa Dua, Bali, Jumat (31/8/2018).

Menurut dia, efisiensi itu secara rinci diperoleh dari efisiensi jumlah unit kendaraan operasional untuk antar jemput pegawai sampai penyewaan kantor. Penghematan dari lingkup general affairs tersebut terhitung sebagai efisiensi cost revovery.

Disamping itu, KKKS juga akan terus di dorong untuk lebih efisien seiring peribahan mekanisme kontrak dari skema cost recovery menjadi gross spliit.

“Walaupun memang perubahan skema kontrak belum terlalu kelihatan, tapi ini menjadi pemicu untuk KKKS lebih efisien dari segala lini. Tidak hanya tingkat investasi eksplorasi produksi tapi juga sampai lingkup general affairs,” tandasnya.

Dia menandaskan efisiensi di lingkup general affairs akan mendorong efisiensi di lini lain industri hulu migas. Pasalnya tanpa adanya general affairs maka kegiatan lain seperi ekplorasi dan produksi tidak akan jalan.

“Istilahnya lingkup general affairs ini sleepinh giant. Ketika terjadi efisiensi disini maka kegiatan operasinal akan mengikuti,” kata dia.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Divisi Fasilitas Kantor dan Keuangan SKK Migas Angelika Ratnasari mengatakan, efisiensi dari lingkup general affairs ini di dapat dari berbagai macam sinergi yang dilakukan KKKS dengan berbagai macam BUMN serta inovasi-inovasi digital untuk pengadaan operasi dan lainnya.

Bahkan baru-baru ini SKK Migas melakukan kerjasama penandatangan nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) dengan Pos Indonesia dengan tujuan supaya kegiatan pengiriman KKKS supaya mendapatkan diskon sebesar 50 persen. Selain itu juga dilaukan penandatanganan MoU antara BP Indonesia dengan Garuda Indonesia untuk memberikan diskon kegiatan kedinasan rute BP dari Jakarta ke Sorong, Papua.

Tidak hanya itu, untuk mendorong KKKS lebih efisien SKK Migas memberikan penghargaan.
Terdapat berbagai macam kategori penghargaan yang diberikan kepada KKKS melalui GA Forum 2018 antara lain kategori inovasi terbaik, sinergi terbaik, peningkatan kompetensi terbaik dan efisiensi terbaik.

Kategori Efisiensi Terbaik diraih oleh Produksi Medco E&P Natuna, Kategori Sinergi Terbaik diraih oleh MontD'or Oil (Tungkal) Ltd dan dan INPEX Masela, Kategori Peningkatan Kompetensi Terbaik diraih Pertamina EP, Kategori Inovasi Terbaik diraih oleh Pertamina Hulu Energi dan Equinor Indonesia.

“Efisiensi KKKS mencapai 15 persen bahkan ada yang mencapai 60 persen. Dihitung dari seluruh KKKS yang masuk GA Forum 2018 ada 33 KKKS,” kata dia.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8467 seconds (0.1#10.140)