Saran Jack Ma, Aplikasi MyUKM Siap Jadi Alibabanya Indonesia

Selasa, 04 September 2018 - 17:37 WIB
Saran Jack Ma, Aplikasi MyUKM Siap Jadi Alibabanya Indonesia
Saran Jack Ma, Aplikasi MyUKM Siap Jadi Alibabanya Indonesia
A A A
JAKARTA - CEO Grup Alibaba Jack Ma yakin perusahan-perusahaan kecil akan berperan besar dalam kemajuan ekonomi Indonesia ke depannya. Sehingga dia menyarankan pemerintah segera mendorong pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan teknologi internet dalam mengembangkan bisnis.

General Manager Business Concept Specialized PT Tetap Terus Terang, Aldi R Pramanda sangat sepakat dengan miliarder asal China tersebut. Menurutnya, memang sudah saatnya produk UMKM tanah air bersaing dengan produk-produk luar negeri, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi sebagai sarana pemasaran.

Untuk itulah, pihaknya sedari awal terus mengembangkan aplikasi MyUKM agar bisa dimanfaatkan pelaku UMKM untuk memasarkan produk lokal Indonesia. "Lewat MyUKM, kami punya tekat 'Saatnya kita bangga dengan produk negeri, 100% produk lokal'," tegasnya dalam keterangan resmi di Jakarta, Senin (3/9/2018).

Myukm sendiri tak hanya sebagai marketplace, tapi juga menyediakan fitur financial technology (Fintech). Fitur fintech diharapkan menjadi solusi untuk pelaku UMKM yang kesulitan modal dalam mengembangkan bisnisnya.

"Dengan konsep bisnis fintech, diharapkan MyUKM menjadi salah satu solusi terbaik untuk pelaku bisnis yang perlu mendapatkan solusi finansial," tambahnya.

Aldi menambahkan, tantangan dalam mengembangkan bisnis UMKM ke era digital yakni infrastruktur jaringan. Akses interet harus merata di semua wilayah Indonesia, agar pelaku usaha kecil dan menengah mudah menjalankan bisnisnya.

PT Tetap Terus Terang dalam waktu dekat akan melakukan soft-launching aplikasi MyUKM sebagai "Alibabanya" Indonesia. Aldi menambahkan, pihaknya juga sudah pernah memaparkan alur kerja aplikasi MyUKM ke perwakilan sejumlah kementerian dan pemda di kantor Pusat LAN, pada pertengahan Juli 2018.

"Kami juga sangat yakin bahwa LAN memiliki kemampuan berpikir yang nyaris sama dengan apa-apa yang disampaikan Jack Ma di hadapan beberapa Menteri Kabinet Indonesia Kerja. Maka MyUKM kami harapkan dapat memberi dukungan dari sektor swasta terhadap program Pelayanan Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik (Online Single Submission/OSS) yang sudah diresmikan pemerintah beberapa waktu lalu," terangnya.

Secara keseluruhan, Aldi berharap MyUKM mampu menjembatani para pelaku bisnis UMKM dengan pemerintah dan konsumen terkait dengan tantangan dalam dunia teknologi. Sehingga Indonesia ke depannya harus bisa menjadi negara maju.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4539 seconds (0.1#10.140)