alexametrics

Memilih Permadani yang Indah sebagai Penghias Ruangan

loading...
Memilih Permadani yang Indah sebagai Penghias Ruangan
Memilih Permadani yang Indah sebagai Penghias Ruangan
A+ A-
MEMILIH karpet yang tepat merupakan tugas yang tidak mudah bila kita tidak mempunyai pengetahuan sama sekali tentang karpet yang diinginkan.

Memilih karpet tidak hanya berdasarkan motif dan warna, juga harus dilihat dari segi ketebalannya karena motif dan ketebalan akan memengaruhi kualitas dan harga karpet.“Selain dari motif yang membedakan karpet adalah tebal dan tipisnya. Karena tebal dan tipisnya karpet dipengaruhi oleh material pembuatannya dan struktur karpet tersebut yang dihasilkan melalui proses pembuatan yang berbeda,” kata desainer interior Rina Renvil. Teknik pembuatan karpet dengan heat set akan menghasilkan karpet berbulu gimbal dan standar.
Sebagian orang mungkin lebih memilih karpet yang tebal dan empuk dan juga nyaman. Namun, karpet yang lebih tipis juga memberikan keunggulan dalam hal perawatan dan kenyamanan saat diinjak. “Saat membeli karpet, hendaknya melihat kepatutan dari kegunaan karpet di ruangan tersebut, apakah untuk diduduki atau hanya sebagai alas lantai,” lanjut Rina.

Tebal tipisnya sebuah karpet juga dapat menambah kesan pada nuansa ruangan sehingga lebih baik pemilihan tebal-tipisnya karpet dicocokkan juga dengan rancangan nuansa dari ruangan hunian Anda agar lebih indah.



Jenis material pembuat karpet secara umum ada beberapa jenis, seperti wol, sutra, polpropeline, nilon, bahkan kulit binatang. Untuk karpet jenis wol menjanjikan material yang kuat, warna yang cerah, dan ketahanan warna yang tinggi. Karpet jenis sutra merupakan yang termahal karena karpet sutra memberikan kelebihan dari segi bahannya, yaitu kehalusan dan kekuatan dan warna yang tidak bisa didapat dari bahan yang lain.

Untuk harga yang lebih terjangkau dapat dipilih karpet dengan bahan polipropeline . Karpet ini tergolong cukup kuat. Namun, warnanya tergolong cepat pudar dibandingkan jenis karpet lainnya dan juga karpet jenis polipropeline lebih cepat menangkap debu sehingga lebih mudah kotor.

Karena itu membutuhkan perawatan yang lebih karena kotoran tidak mudah diangkat dengan vacuum cleaner. “Dalam memilih karpet, bahan yang dipakai sebetulnya pertimbangan utama. Selain itu, kesesuaian dengan ukuran ruangan juga harus dicermati. Baru berurusan dengan motif. Kalau motif, tentunya tergantung dengan selera,” papar Rina.

Rina menambahkan, karpet dengan bahan nilon tepat untuk ditempatkan di ruang tamu. Itu karena bahan nilon lebih tahan panas dan mudah dibersihkan dari tanah ataupun noda makanan dan minuman. Selain itu, karpet dengan bahan nilon memiliki corak warna yang menarik.

Biasanya, karpet berbahan nilon bermotif garis nan sederhana atau bahkan ditampilkan dengan polos. Warnanya cenderung lebih cerah. Sementara itu, motif flora klasik khas Timur Tengah juga memiliki peminatnya sendiri.

Apalagi karpet berbahan nilon memiliki harga yang cukup terjangkau dan pas untuk ditempatkan sebagai aksesori menyambut tamu Anda pada saat hari raya. Sama dengan merancang suatu bangunan yang harus menggunakan gaya tersendiri.

Karpet juga memiliki beragam style , jenis, dan berbagai motif yang bisa dipilih untuk menambah dekoratif ruangan. Saat ini jenis karpet bergaya Oriental dan minimalis lebih banyak dipilih.

Selain jenisnya seperti karpet Persia, karpet Oriental cenderung memiliki perpaduan warna yang sedikit gelap dan cerah seperti perpaduan merah dan hitam. Biasanya motifnya hanya berupa garis atau minimalis, dan inilah yang menjadi daya tarik dari karpet Oriental.
(don)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak