Durasi Puasa Negara-negara Arab, Siapa Terpanjang dan Terpendek?

Kamis, 07 Maret 2024 - 21:03 WIB
loading...
Durasi Puasa Negara-negara Arab, Siapa Terpanjang dan Terpendek?
Seorang warga Dubai membeli kurma untuk bulan suci Ramadan di pasar Deira. Foto/REUTERS
A A A
RIYADH - Waktu berpuasa di negara-negara Arab memiliki durasi yang relatif berbeda-beda. Namun, umumnya perbedaan waktu tersebut tidak selalu terpaut jauh antara negara satu dengan yang lain.

Umat Islam di penjuru dunia akan segera memasuki bulan suci Ramadan. Pada bulan istimewa ini, umat Muslim akan menjalankan ibadah puasa wajib selama sebulan penuh.

Secara umum, waktu berpuasa bagi umat Islam dimulai sejak terbit fajar hingga terbenam matahari. Namun, durasinya sendiri berbeda-beda, bergantung pada lokasi negara-negara terkait.

Kondisi tersebut juga berlaku bagi negara-negara Arab. Berikut ini durasi puasa di negara-negara Arab sebagaimana dihimpun dari berbagai sumber, Kamis (7/3/2024).

Durasi Puasa Negara-negara Arab


Waktu berpuasa di negara-negara Arab memang berbeda. Kendati begitu, secara keseluruhan durasinya terbilang berada di tengah-tengah, maksudnya bukan paling lama dan tidak pula terpendek di dunia.

Secara umum, durasi puasa di negara-negara Arab tahun ini berada pada kisaran 13-15 jam. Mengutip ArabiaWeather, Komoro menjadi negara Arab yang durasi puasanya paling pendek, yakni sekitar 13 jam 4 menit.

Melihat ke belakang, Komoro sebelumnya juga sering menyandang predikat tersebut. Beberapa tahun sebelumnya, mereka bahkan pernah mencatatkan durasi puasa hanya sekitar 12 jam 37 menit saja.

Sebaliknya, Maroko menjadi negara Arab dengan durasi puasa terlama. Dalam hal ini, Rabat mencatatkan waktu rata-rata sekitar 14 jam 23 menit.

Berikut daftar rata-rata durasi puasa di negara-negara Arab:

1. Komoro - 13:04 jam
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0983 seconds (0.1#10.140)