alexametrics

Kisah Memilukan Dibalik Keuntungan Bisnis Pengiriman Amazon

loading...
Kisah Memilukan Dibalik Keuntungan Bisnis Pengiriman Amazon
Kisah memilukan para kurir dibalik kesuksesan bisnis Amazon. Foto/Ilustrasi Business Insider
A+ A-
WASHINGTON - Zachariah Vargas masih belum lupa dengan kejadian nahas yang menimpanya. Kurir paket pengiriman untuk Amazon itu, telah melakukan perjalanan selama enam jam mengantar paket kiriman ke pelanggan. Saat hendak menurunkan paket, tanpa sengaja ia membanting pintu truk dan mengenai tangannya. Pintu tertutup dan menjepit jari tengah dan jari manisnya.

Setelah berhasil membebaskan jari-jarinya, darah mulai mengalir. Kedua lengan Vargas mulai bergetar tanpa sadar. Panik, Vargas menelepon pengawas pengirimannya di fasilitas Amazon terdekat. Alih-alih menanyakan kabar, dia justru mendapat rasa tidak simpati.

“Hal pertama yang mereka tanyakan justru adalah berapa banyak paket yang terisisa,” kisahnya kepada Business Insider, Rabu (12/9/2018).

Vargas lalu menjawab masih memiliki lusinan barang yang tersisa dan memerlukan waktu beberapa jam untuk mengantarkan keseluruhan barang. Namun, sang atasan memintanya mengantarkan barang hingga tuntas, setelah itu mencari perawatan.



Vargas memilih mengabaikan bosnya dengan mencari perawatan di pos Amazon. Ketika tiba di pos, ia mendapatkan ejekan. "Petugas operator saya terus berkata, apakah kamu sekarat saat ini? Banyak perempuan yang bekerja dengan luka yang lebih buruk darimu," kata Vargas.

Sementara seorang manajer gudang Amazon mengatakan kepadanya: "Amazon mengawasi Anda. Mereka tidak suka bila paket tidak dikirim". Vargas juga mengklaim bahwa supervisor lain mengatakan kepadanya, bahwa dia seharusnya mengetuk pintu terdahulu untuk meminta pertolongan pertama.

Sang pengawas lalu menyuruhnya pergi ke rumah sakit untuk membuktikan bahwa dia benar-benar terluka, kendati Vargas tidak memiliki asuransi kesehatan saat itu.

"Saat itu saya menyadari untuk tidak meneruskan bekerja dengan perusahaan ini jika mereka tidak peduli apa yang terjadi pada saya. Ini seperti panggilan yang membangunkan saya," ujarnya berbagi kisah.

Pengalaman Vargas bukan satu-satunya kisah memilukan pengemudi paket pengiriman barang dari Amazon.

Dengan pertumbuhan pesat bisnis jasa pengiriman, dimana pertumbuhan bisnis Amazon terus berkembang cepat, maka lingkungan kerja pengemudi menjadi semakin berat.

Amazon memiliki lebih dari 100 juta pelanggan perdana. Mereka membayar kartu keanggotaan dengan biaya USD119 per tahun, dengan keuntungan mendapat pengiriman barang dua hari gratis untuk jutaan item dan pengiriman gratis di hari yang sama melalui Prime Now.

Perusahaan ini mengirimkan lebih dari 5 miliar paket perdana di seluruh dunia pada 2017. Untuk memastikan jutaan paket dikirimkan setiap hari, Amazon mempekerjakan beberapa pengemudi melalui program Amazon Flex. Sopir Flex bekerja langsung dengan Amazon.
halaman ke-1 dari 4
preload video

BERITA TERKAIT

KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak