Siap-siap, Berikut 30 Sekolah Kedinasan yang Lulusannya Bisa Langsung Jadi PNS

Selasa, 12 Maret 2024 - 10:08 WIB
loading...
Siap-siap, Berikut 30 Sekolah Kedinasan yang Lulusannya Bisa Langsung Jadi PNS
Poltek SSN merupakan salah satu Sekolah Kedinasan yang lulusannya berpeluang besar bisa langsung menjadi PNS. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Ini daftar 30 Sekolah Kedinasan yang lulusannya bisa langsung menjadi PNS. Kamu lulusan SMA.SMK sederajat yang ingin memiliki masa depan cerah, disarankan daftar saja di Sekolah Kedinasan.

Kenapa Sekolah Kedinasan? Karena lulusannya berpeluang besar menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Seperti diketahui, status PNS memiliki gaji memadai dan akan mendapatkan uang pensiun tak kecil. Artikel kali ini akan membahas deretan Sekolah Kedinasan yang lulusannya bisa langsung jadi PNS, simak ya!

30 Sekolah Kedinasan yang Langsung Jadi PNS


1. PKN STAN


Politeknik Keuangan Negara Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (PKN STAN) merupakan sekolah kedinasan milik Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Setelah lulus dari PKN STAN, kamu bisa langsung bekerja jadi PNS di lembaga yang berada di lingkungan Kemenkeu. Mengacu pada persyaratan sebelumnya, ada batas usia yang harus dipenuhi jika mau mendaftar di PKN STAN.

Usia maksimal untuk mendaftar di PKN STAN pada tanggal 1 September tahun berjalan adalah 21 tahun. Usia minimal pada tanggal 1 September tahun berjalan adalah 14 tahun.

2. IPDN


Lulusan Institut Pemerintahan Dalam Negeri atau IPDN bisa bekerja di lingkungan birokrasi pemerintahan. Mulai dari merintis karier dari staf pemerintahan daerah (Pemda), Pemerintahan Provinsi (Pemprov) atau kantor kementerian.

Untuk mendaftar di IPDN ada syarat batas usia hingga tinggi badan. Pendaftar IPDN, berusia minimal 16 tahun dan maksimal 21 tahun ketika mendaftar di IPDN.

Sedangkan syarat tinggi badan bagi siswa yang mau mendaftar IPDN, untuk pria, memiliki tinggi badan minimal 160 cm, lalu wanita memiliki tinggi minimal 155 cm.


3. STIN (Sekolah Tinggi Intelijen Negara)


STIN adalah sekolah kedinasan milik BIN (Badan Intelijen Negara). Setelah lulus dari STIN bisa menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Selain itu siswa yang diterima di STIN, selama kuliah taruna dan taruni tidak dipungut biaya apapun. Mereka akan tinggal di asrama, mendapat konsumsi hingga seragam.

4. Poltek SSN


Sekolah tinggi sandi negara atau Poltek SSN ini termasuk sekolah dengan ikatan dinas. Sehingga lulusan Poltek SSN dapat diangkat menjadi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) atau instansi pemerintah lainnya baik di pusat maupun di daerah sesuai dengan formasi yang tersedia.

Poltek SSN berada di Jalan Raya H. Usa, Putat Nutug, Kecamatan Ciseeng, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Poltek SSN memiliki 3 program studi Diploma IV dengan sistem paket yang harus diselesaikan dalam 8 semester selama 4 tahun.

5. STMKG


Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) adalah Perguruan Tinggi Kedinasan di lingkungan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG).

Jika diterima di STMKG, bisa kuliah gratis. Selain itu, lulusan STMKG juga punya kesempatan menjadi PNS di lingkungan BMKG. Berikut program studi (prodi) yang bisa dipilih di sekolah kedinasan BMKG, yaitu: D4 Meteorologi D4 Klimatologi D4 Geofisika D4 Instrumentasi MKG.

6. Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip)


Sekolah kedinasan Kemenkumham ini berstatus ikatan dinas. Sehingga, setelah menyelesaikan studi, lulusan Poltekip bisa langsung menjadi PNS di lingkungan Kemenkumham.

Poltekip adalah pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dengan program kuliah selama 4 tahun atau setara dengan Strata 1 (S1).

7. Politeknik Imigrasi (Poltekim)


Satu lagi sekolah kedinasan milik Kemenkumham yang bisa langsung jadi PNS yakni Politeknik Imigrasi atau Poltekim. Poltekim adalah pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Keimigrasian dengan program kuliah selama 4 tahun setara dengan Strata 1 (S-1).
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)