Ini Alasan Spanyol Getol Membela dan Ingin Akui Negara Palestina

Selasa, 12 Maret 2024 - 10:53 WIB
loading...
Ini Alasan Spanyol Getol Membela dan Ingin Akui Negara Palestina
Spanyol menjadi negara Uni Eropa yang getol membela dan ingin mengakui Negara Palestina. Foto/REUTERS
A A A
JAKARTA - Perdana Menteri (PM) Spanyol Pedro Sánchez mengatakan dia akan mengusulkan pengakuan Negara Palestina kepada Parlemen.

Spanyol begitu getol membela Palestina setelah perang besar Israel-Hamas pecah di Jalur Gaza sejak 7 Oktober 2023.

Salah satu langkah yang dilakukan negara NATO ini adalah menghentikan seluruh penjualan senjata ke rezim Zionis setelah pengeboman tanpa pandang bulu terjadi di Gaza.

“Saya akan mengusulkan pemberian pengakuan Spanyol kepada negara Palestina,” kata PM Sánchez, seperti dikutip dari AP, Selasa (12/3/2024).



Pada November lalu, Sanchez mengatakan Madrid terbuka untuk secara sepihak mengakui Negara Palestina meskipun Uni Eropa tidak setuju.

“Saya rasa sudah tiba saatnya bagi masyarakat internasional, khususnya Uni Eropa dan negara-negara anggotanya, untuk mengakui Negara Palestina,” katanya.

Sanchez mengatakan bahwa idealnya, pengakuan tersebut akan datang sekaligus dengan setidaknya beberapa negara anggota Uni Eropa berpartisipasi. “Tapi, jika tidak, tentu Spanyol akan mengambil keputusan sendiri,” ujarnya.

Alasan Moral dan Adil


Pembelaan terbaru PM Sanchez dengan mengusulkan Parlemen Spanyol untuk mengakui Negara Palestina semata-mata karena alasan moral, di mana terjadi penderitaan luar biasa yang dirasakan warga Palestina akibat invasi brutal Zionis Israel.

“Saya melakukan ini atas dasar keyakinan moral, demi alasan yang adil dan karena ini adalah satu-satunya cara agar kedua negara, Israel dan Palestina, dapat hidup bersama dalam damai," ujarnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1301 seconds (0.1#10.140)