Syarat dan Cara Daftar Program Mudik Motor Gratis Lebaran 2024

Selasa, 12 Maret 2024 - 15:00 WIB
loading...
Syarat dan Cara Daftar Program Mudik Motor Gratis Lebaran 2024
KAI mencatat pendaftaran program Mudik Motor Gratis (Motis) sudah dimulai sejak 4 Maret hingga 18 April 2024 mendatang. FOTO/Suparjo Hi Ramalan
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mencatat pendaftaran program Mudik Motor Gratis (Motis) sudah dimulai sejak 4 Maret hingga 18 April 2024 mendatang. Program ini digelar oleh Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan.

Direktur Utama KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, Motis adalah program tahunan pemerintah melalui Kementerian Perhubungan untuk masyarakat yang mudik beserta dengan motor yang diangkut menggunakan kereta api secara gratis. Tujuan diselenggarakannya program Motis ini supaya jumlah kendaraan roda dua dan angka kecelakaan di jalan saat mudik Lebaran dapat ditekan, sehingga tingkat keselamatan meningkat.

“KAI siap turut berperan dalam meningkatkan keselamatan pemudik melalui penyediaan rangkaian kereta api angkutan Motis. Dengan menggunakan kereta api untuk angkutan penumpang maupun barang, kemacetan di jalan raya dapat dikurangi, serta meningkatkan keselamatan para pemudik pada masa angkutan mudik Lebaran 2024 ini,” ujar Didiek, Selasa (12/3/2024).


Adapun, pendaftaran program Motis 2024 melalui laman mudikgratis.dephub.go.id. Agar dapat mengikuti program Motis 2024, masyarakat diharapkan dapat memperhatikan persyaratan sebagai berikut:

- KTP, SIM yang berlaku, Kartu Keluarga, STNK;
- Besaran Motor <200 CC;
- Mendaftar melalui mudikgratis.dephub.go.id yang dilanjut dengan verifikasi langsung di stasiun yang ditunjuk;
- Mendaftar dengan menyampaikan e-mail aktif.

DJKA Kemenhub akan mengintegrasikan angkutan Motis dengan pelayanan KA PSO (Public Service Obligation) yang akan melayani 3 lintas pelayanan yaitu:

- Lintas Utara (PP): Cilegon – Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Tegal – Pekalongan – Semarang

Tawang.

- Lintas Tengah (PP): Jakarta Gudang – Cirebon Prujakan – Purwokerto – Kroya – Kutoarjo.

- Lintas Selatan (PP): Jakarta Gudang – Kiaracondong – Kroya – Gombong – Kebumen – Lempuyangan – Purwosari – Madiun.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3666 seconds (0.1#10.140)