Cari WNA Korban Kapal Terbalik, Basarnas Kerahkan 7 Kapal dan Ratusan Personel

Selasa, 12 Maret 2024 - 22:14 WIB
loading...
Cari WNA Korban Kapal Terbalik, Basarnas Kerahkan 7 Kapal dan Ratusan Personel
Tim SAR masih melakukan pencarian terhadap salah satu WNA berinisial SYC (46) asal Taiwan yang hilang saat kapal KM Parikudus terbalik di Pulau Rambut. Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Tim SAR masih melakukan pencarian terhadap salah satu warga negara asing (WNA) berinisial SYC (46) asal Taiwan yang hilang saat kapal KM Parikudus terbalik di Pulau Rambut, Kepulauan Seribu beberapa waktu yang lalu.

Kepala Basarnas Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR, Desiana Kartika Bahari menyebutkan pencarian itu dilakukan pada Selasa pagi dengan mengerahkan ratusan personel gabungan.

"Pencarian dilakukan pada Selasa (12/3/2024) pagi dengan mengerahkan ratusan personel SAR gabungan dari Dermaga Basarnas Pantai Mutiara," kata Desiana melalui keterangannya.



Dia mengatakan, pencarian juga dilakukan dengan mengerahkan tujuh kapal seperti menggunakan alat utama yang ada seperti RIB 03 Jakarta, KN SAR Antasena, Kapal Patroli TNI AL, Kapal Patroli PolAir Polda Metro Jaya, Kapal Patroli Polres Kep.Seribu, KM Payung, dan Rubber Boat.

"Operasi SAR dilakukan dengan membagi area pencarian menjadi dua, di mana tim pertama melakukan pencarian melalui proses penyelaman di sekitar lokasi kejadian dengan kedalaman kurang lebih 17 meter di bawah permukaan air," jelasnya.

Sebelumnya, Kapolres Kepulauan Seribu AKBP Jarot Sungkowo menyebutkan, Kapal Parikudus tersebut terbalik sekitar pukul 15.30 WIB dan sudah berhasil dievakuasi.

"Korban sedang dalam proses evakuasi oleh Petugas dari Polsek Kepulauan Seribu Selatan dibantu Kapal Marina Expres yang kebetulan melintas di sekitar TKP," kata Jarot.

Menurutnya, lokasi kapal nahas tersebut terbalik masuk dalam perairan sekitar Pulau Rambut yang masuk dalam Kelurahan Pulau Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan.

Jarot menjelaskan, kapal tersebut diketahui membawa puluhan penumpang. Pemilik kapal tersebut diketahui merupakan Asha Resort Pulau Payung, Kepulauan Seribu Selatan.

"Saat ini Kapal KM Pari Kudus sedang dievakuasi Pol Air Polres 1000 bersama Basarnas ditarik menuju Pulau Untung Jawa," ungkapnya.

Kapal tersebut dijelaskan Jarot membawa sejumlah wisatawan yang hendak kembali ke Jakarta dari sebuah resort di salah satu pulau. "Info awal dari Asha Resort Pulau Payung Kepulauan Seribu Selatan menuju Pantai Mutiara Jakarta Utara," tutup Jarot.
(maf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1642 seconds (0.1#10.140)