Luhut: Persiapan Annual Meeting IMF-World Bank Sudah Capai 94%

Senin, 17 September 2018 - 20:27 WIB
Luhut: Persiapan Annual Meeting IMF-World Bank Sudah Capai 94%
Luhut: Persiapan Annual Meeting IMF-World Bank Sudah Capai 94%
A A A
JAKARTA - Pemerintah menyatakan siap menjadi tuan rumah Pertemuan Tahunan Dana Moneter Internasional (IMF) dan Bank Dunia (World Bank) pada 8 sampai 14 Oktober mendatang. Bertempat di Bali, persiapan acara itu dipastikan telah mencapai 94%.

Ketua Panitia Nasional Pertemuan Tahunan IMF-Bank Dunia Luhut Binsar Panjaitan menegaskan, agenda tersebut menjadi momentum promosikan Indonesia. Maka perlu persiapan matang.

"Di dunia banyak yang belum tahu seberapa besar Indonesia. Maka ini jadi momentum bagus promosikan Indonesia dari Timur ke Barat yang punya 750 pulau," ujar Luhut di Jakarta, Senin (17/9/2018).

Lebih lanjut, kata dia, para peserta pertemuan IMF-Bank Dunia nanti bukanlah orang sembarangan. Diprediksi ada 19.800 peserta dari 180 negara. Terdiri dari sebanyak 14.750 merupakan nondelegasi kenegaraan, sisanya merupakan delegasi kenegaraan.

"Mereka bukan orang sembarangan. Rata-rata bawa private jet. Jadi diharapkan memberikan dampak besar terhadap perekonomian," tegas Luhut.

Pemerintah memperkirakan, puluhan ribu peserta itu akan tinggal di Indonesia selama sembilan hari. Rinciannya, dua hari sebelum acara, enam hari saat acara, lalu satu hari setelah acara sebelum balik ke negaranya masing-masing.

Menteri Badan Pembangunan Nasional (Bappenas) Bambang Brodjonegoro menambahkan, berbagai infrastruktur di Bali pun telah dipersiapkan. Hal itu meliputi Underpass Bandara Ngurah Rai, Pelabuhan Benoa, serta Garuda Wisnu Kencana (GWK) sebagai objek wisata baru.

"Pembangunan kita sudah kerjakan sejak 2017. Hanya perlu diketahui, infrastruktur ini dibangun tidak hanya untuk penunjang pertemuan IMF-Bank Dunia. Melainkan untuk tunjang seluruh aktivitas di Bali. Sifatnya longlasting," tandasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7066 seconds (0.1#10.140)