Sri Mulyani Sebut Ulos Bisa Jadi Produk Unggulan Indonesia

Rabu, 19 September 2018 - 20:53 WIB
Sri Mulyani Sebut Ulos Bisa Jadi Produk Unggulan Indonesia
Sri Mulyani Sebut Ulos Bisa Jadi Produk Unggulan Indonesia
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mendukung penggunaan kain ulos yang berasal dari Sumatra Utara untuk menjadi produk yang unggulan. Sri Mulyani menilai bahwa kain ulos asal Batak ini bisa menumbuhkan rasa cinta terhadap produk lokal Indonesia.

"Salah satu upaya membangun Indonesia adalah bangga dan menggunakan produk-produknya. Dan kita harus menjaga budaya kita. Ini harus menjadi komitmen kita semua," ujarnya dalam acara Ulos, Hangoluan dan Tondi di Museum Tekstil di Jakarta, Rabu (19/9/2018).

Perempuan kelahiran Bandar Lampung ini mengaku bangga dengan beberapa produk budaya yang berasal dari daerah-daerah di Indonesia. Produk daerah tersebut memiliki keunggulan masing-masing dengan menampilkan identitas budayanya.

"Saya sangat bangga dan percaya, Indonesia mempunyai produk-produk yang luar biasa. Meski adanya globalisasi dengan produk luar yang branded tetapi itu tidak akan memudarkan identintas bangsa sendiri," jelasnya.

Ia pun sangat kagum dengan kain ulos Batak yang saat ini lebih luas lagi diperkenalkan di kancah internasional. Dengan demikian, semakin banyak produk Indonesia yang dikenal di luar negeri.

"Saya tadi membaca sejarah ulos, sungguh luar biasa. Banyak nilai kehidupan yang diaplikasi dalam berbagai ulos. Karena ulos memiliki banyak ragam dan nilai, mulai dari bagaimana dilahirkan hingga kembali ke Maha Pencipta. Saya pribadi ingin belajar lebih banyak soal ulos," kagumnya.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7130 seconds (0.1#10.140)