5 Makanan dan Minuman yang Bikin Dehidrasi, Hindari saat Sahur

Kamis, 14 Maret 2024 - 10:15 WIB
loading...
5 Makanan dan Minuman yang Bikin Dehidrasi, Hindari saat Sahur
Ada kandungan makanan dan minuman yang ternyata bisa membuat dehidrasi. Tentu saja hal ini harus dihindari saat sahur. Foto/iStock
A A A
JAKARTA - Tiap makanan dan minuman memiliki kandungan yang berbeda-beda. Ada kandungan makanan dan minuman yang ternyata bisa membuat dehidrasi. Tentu saja hal ini harus dihindari saat sahur. Jika tidak, Anda akan merasa kehausan sepanjang puasa.

Dehidrasi sendiri sangat membahayakan tubuh. Kita tahu, air adalah esensi kehidupan yang membentuk hampir 60% dari komposisi tubuh manusia.

Menurut Mayo Clinic, hidrasi yang tepat memastikan fungsi tubuh yang penting berjalan dengan lancar seperti transportasi nutrisi, pengaturan suhu tubuh, dan pelumasan sendi, hanya untuk menyebutkan segelintir kecil.



Selain itu, dehidrasi juga mengganggu keseimbangan mineral dalam tubuh. Ketidakseimbangan ini dapat menyebabkan kelelahan, kram otot, dan bahkan komplikasi kesehatan yang lebih parah.

Untuk itu jangan biarkan tubuh Anda dehidrasi selama puasa.

Mengutip laman The Healthy, berikut 5 makanan dan minuman yang bikin dehidrasi, jadi harus dihindari saat sahur!

1. Makanan Olahan

Makanan olahan tinggi natrium seperti keripik, pretzel, dan popcorn meningkatkan kebutuhan cairan pada tubuh Anda. Hal ini disebabkan oleh peran natrium dalam mengatur keseimbangan cairan tubuh. Terlalu banyak natrium dapat memicu keadaan dehidrasi, sekali pun Anda sudah minum banyak air.

Untuk mengatasi ini, cobalah untuk memilih camilan rendah natrium. Selain itu, Anda dapat beralih ke buah dan sayuran segar sebagai pengganti camilan renyah. Ini akan membantu mengisi kembali pasokan air tubuh Anda, serta menyediakan vitamin dan mineral yang dapat membantu menangkis kondisi seperti penyakit jantung dan kanker.

2. Makanan yang Digoreng

Makanan yang digoreng memang sangat menggoda. Makanan ini juga tinggi lemak dan sering kali tinggi natrium sehingga meningkatkan kebutuhan tubuh Anda akan cairan. Untuk itu, cobalah hindari makanan yang digoreng saat sahur.

3. Alkohol

Bir dingin atau segelas anggur mungkin tampak menyegarkan. Namun, alkohol bertindak sebagai diuretik, menyebabkan tubuh Anda kehilangan lebih banyak cairan daripada yang Anda minum. Jadi, seteguk alkohol yang tampaknya memuaskan itu dapat mempercepat Anda menuju dehidrasi.


4. Minuman Berkafein

Minuman berkafein dianggap dapat membuat tubuh menjadi lebih bersemangat. Namun, pada kenyataannya, minuman kafein juga bertindak sebagai diuretik, yang menyebabkan peningkatan buang air kecil dan kehilangan cairan sehingga membuat tubuh Anda berpotensi mengalami dehidrasi.

"Dosis tinggi kafein yang diminum sekaligus dapat meningkatkan jumlah urin yang dibuat tubuh," jelas ahli diet terdaftar Katherine Zeratsky, RD, LD, di laman Mayo Clinic.

5. Minuman Manis

Minuman manis dapat memuaskan rasa dahaga. Namun, tubuh kita membutuhkan lebih banyak air untuk memproses gula, yang berarti suguhan manis ini sebenarnya dapat menarik air dari tubuh Anda daripada mengisi kembali cairan Anda.

Sebagai ganti, ketika Anda ingin mengonsumsi minuman manis, cobalah untuk memasukkan buah-buahan seperti raspberry, markisa, mangga, atau nanas ke dalam air minum Anda agar terasa menyegarkan dan sehat.
(tsa)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.6102 seconds (0.1#10.140)