Kenapa saat Buka Puasa Perut Terasa Cepat Kenyang? Waspadai Asam Lambung

Kamis, 14 Maret 2024 - 18:03 WIB
loading...
Kenapa saat Buka Puasa Perut Terasa Cepat Kenyang? Waspadai Asam Lambung
Perut yang cepat kenyang saat berbuka puasa juga bisa disebabkan karena GERD alias asam lambung. Foto/ shutterstock
A A A
JAKARTA - Kenapa saat buka puasa perut terasa cepat kenyang? Ya, berbuka adalah salah satu momen ternikmat bagi umat Muslim usai berpuasa sehari penuh.

Namun, sadar atau tidak, terkadang Anda kerap merasa sangat cepat kenyang ketika berbuka puasa . Alih-alih ingin menyantap banyak makanan, perut Anda justru sudah merasa kenyang duluan.



Ternyata, ada alasan mengapa kondisi tersebut bisa terjadi. Kenapa ya? Berikut penjelasannya, dilansir dari berbagai sumber, Kamis, (14/3/2024).

Sebenarnya, perut yang cepat kenyang saat berbuka puasa merupakan kondisi yang lumrah terjadi, terutama pada minggu awal puasa.

Pasalnya, ini disebabkan oleh proses adaptasi tubuh yang semula rutin mendapatkan makanan, kini harus dibiarkan kosong selama hampir 14 jam hingga waktu berbuka tiba.

Saat berbuka puasa, kondisi perut kerap cepat kenyang dikarenakan proses adaptasi dari sistem cerna yang tadinya kosong kemudian tiba-tiba diisi.

Itulah alasan mengap saat berbuka puasa Anda disarankan untuk makan pelan-pelan dan secara bertahap.

Karena harus melakukan proses adaptasi ini, tubuh lantas menjadi stres, sehingga sistem saraf yang bekerja dominan adalah saraf simpatik.

Hasilnya, makanan yang dikonsumsi setelah berbuka tetap tertahan selama beberapa menit sebelum masuk ke usus untuk diserap dan dicerna tubuh.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1041 seconds (0.1#10.140)