alexametrics

Susi Akui Pajak Sektor Perikanan Masih Rendah

loading...
Susi Akui Pajak Sektor Perikanan Masih Rendah
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Neraca perdagangan di sektor perikanan pada kuartal I-2018 mencapai surplus sebesar USD1 miliar atau ekuivalen Rp14,2 triliun. Namun, penerimaan pajak dari sektor perikanan justru masih rendah.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti mengaku malu akan hal ini. "Terus terang kami malu. Sudah berprestasi seperti itu, ternyata postur pajak sektor perikanan masih di bawah 1%, makanya kami ingin bekerja sama dengan Kementerian Keuangan," ujar Susi di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Selain dari ukuran rasio pajak, Susi mengatakan rendahnya kepatuhan pengusaha perikanan juga terlihat dari hasil analisa Direktorat Jenderal Pajak. Menurutnya, DJP pada periode 2013-2016 telah menganalisa potensi pajak atas penghasilan yang telah dilaporkan dalam Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Pajak.

"Hasilnya, dalam periode tersebut terdapat perkiraan potensi Pajak Penghasilan (PPh) sebesar Rp20,58 miliar atas penghasilan belum dilaporkan dalam PPh. Selain itu, analisa dari 36 kapal yang dimiliki 11 juragan terdata atau terverifikasi hanya satu kapal yang dilaporkan dalam SPT Tahunan PPh," jelasnya.
(ven)
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak