alexametrics

FSC Corner Edukasi Konsumen Memilih Produk Ramah Lingkungan

loading...
FSC Corner Edukasi Konsumen Memilih Produk Ramah Lingkungan
FSC Corner edukasi konsumen memilih produk ramah lingkungan. Foto/Forest Stewardship Council
A+ A-
JAKARTA - Hutan merupakan sumber daya alam yang wajib dilestarikan. Karena itu adalah penting memilih produk yang menggunakan kemasan dari hutan berkelanjutan. Forest Stewardship Council (FSC) Indonesia pun terpanggil untuk kembali mengadakan program edukasi lingkungan kepada konsumen di acara FSC Corner di tahun 2018. FSC Corner kali ini diadakan di 7 titik lokasi Giant Supermarket di wilayah Jabodetabek.

Di dalam event FSC Corner, FSC Indonesia mengajak konsumen yang berbelanja untuk mulai memilih produk yang sustainable melalui Program Peduli Hutan Berawal dari Rumah. Program yang telah dijalankan FSC Indonesia sejak 2015 itu kembali digelar bersama Tetra Pak Indonesia yang merupakan mitra strategis FSC dalam program pedukasi kepada konsumen di Indonesia.

"FSC merupakan organisasi nonprofit yang mendorong pengelolaan hutan bertanggung jawab secara global. Yakni dengan memyertifikasi pengelolaan hutan guna memastikan bahan baku kayu dan kertas yang kita konsumsi berasal dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab," kata Indra Setia Dewi, Manager Marketing & Communications FSC Indonesia saat mengenalkan program ini kepada wartawan di Jakarta, Jumat (21/9/2018).

Dengan skema sertifikasi FSC, konsumen mempunyai pilihan produk kayu dan kertas dari hutan yang terjaga keberlanjutannya. Namun masyarakat belum memiliki informasi yang jelas mengenai produk bertanda FSC, sehingga mitra-mitra FSC memandang perlu adanya program edukasi konsumsi yang bertanggung jawab.

Dikatakannya, produk dengan kemasan bertanda FSC mempunyai makna bahwa sebuah kemasan dan produk tersebut menggunakan kayu dan kertas dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab sesuai dengan standar FSC yang telah dikenal secara global.

"Melalui Program Peduli Hutan Berawal Dari Rumah, FSC bertujuan melakukan edukasi konsumen mengenai pentingnya konsumen menjaga keberlanjutan hutan, pola konsumsi yang mendukung keberlanjutan hutan, serta peran para produsen yang telah bersertifikat FSC dalam mengekstraksi dan memanfaatkan sumberdaya hutan secara bertangggung jawab," paparnya.

Kegiatan utama FSC Corner 2018 adalah visit store dan fun games bagi orang tua, anak-anak, dan guru untuk memberikan edukasi lingkungan dan pengenalan produk-produk bertanda FSC. Konsumen yang telah berbelanja produk bertanda FSC di lokasi program artinya telah berperan serta memastikan keberlanjutan hutan.

"Tetra Pak sebagai perusahaan global terkemuka yang bergerak di bidang pemrosesan dan pengemasan makanan dan minuman berkomitmen untuk selalu bertanggung jawab dalam memberikan sosialisasi manfaat FSC kepada masyarakat luas, khususnya para konsumen secara langsung dan pelanggan yang telah menggunakan produk kemasan Tetra Pak," kata Manager Environment Tetra Pak Indonesia Reza Andreanto.

Selain itu melalui program bersama FSC ini Tetra Pak Indonesia memberikan informasi terkait dengan pengelolaan dan pengolahan kemasan karton bekas minuman. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk mengumpulkan dan memilah kemasan karton bekas minuman yang ada disekelilingnya.

"Tujuannya untuk meningkatkan mata rantai daur ulang yang ada di Indonesia khususnya Jabodetabek," ucapnya.

Nah terkait program tersebut, Jumat ini bertempat di Giant Ekstra Pondok Gede Bekasi dilakukan pelaksanaan program FSC Corner yang pertama di 2018. Di lokasi juga diadakan seremonial program roadshow FSC Corner 2018 bersama perwakilan sekolah yang mengikuti kegiatan One Day Evet FSC Corner dari SD Negeri Jatiwaringin 3 Pondok Gede Bekasi dan Sekolah Cendekia Pondok Gede Bekasi. Total ada 130 siswa dan dihadiri pula oleh orang tua siswa dan para guru.

"Kegiatan edukasi bagi para konsumen mengenai produk berkelanjutan adalah sangat baik dilakukan untuk mendukung upaya pelestarian lingkungan. Giant memberikan beragam produk yang salah satunya adalah produk-produk yang mengedepankan aspek berkelanjutan," klaim General Manager Corporate Affairs Giant Tony Mampuk.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak