Perkuat Program Vokasi Industri, Japfa Gandeng Polbangtan Jakarta

Senin, 24 September 2018 - 19:31 WIB
Perkuat Program Vokasi Industri, Japfa Gandeng Polbangtan Jakarta
Perkuat Program Vokasi Industri, Japfa Gandeng Polbangtan Jakarta
A A A
JAKARTA - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) bekerja sama dengan Politeknik Pembangunan Pertanian (Polbangtan) dalam mendorong penguatan program vokasional, serta mendukung pengembangan sumber daya pendidikan. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan nota kesepahaman di Polbangtan Bogor.

“Transformasi Sekolah Tinggi Penyuluh Pertanian (STTP) menjadi Politeknik Pembangunan Pertanian bertujuan untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) pertanian melalui pendidikan, terutama mencetak generasi muda pertanian yang inovatif. Diharapkan inovasi dan teknologi dapat dikembangkan di Politehnik ini, karena tanpa tekhnologi tidak mungkin pertanian Indonesia dapat bersaing,” ujar Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman

Jalinan kerja sama ini merupakan salah satu bentuk kepedulian JAPFA dalam mendorong penguatan program vokasi guna membentuk individu untuk siap berada di lapangan pekerjaan. Pendidikan vokasi ini juga dapat meningkatkan kualitas penelitian, mengingat bahwa civitas akademika akan terjun langsung dalam melihat praktik pengolahan pakan.

Penandatanganan yang digelar Polbangtan dengan beberapa industri agribisnis lainnya, juga merupakan simbolisasi peluncuran 6 dari 10 Polbangtan yang tersebar di Indonesia; Medan, Gowa, Manokwari, Malang, Yogyakarta Magelang, dan Bogor, dimana peminatnya meningkat pesat hingga 13.200 orang.

”Bukan kali pertama bagi JAPFA menjalin kerja sama dengan instansi pendidikan. Sejak 2017, JAPFA telah membuka akses untuk pendidikan vokasi di empat lokasi yang menyasar pada pendidikan SMK,” tutur Direktur Corporate Affairs JAPFA Rachmat Indrajaya.

Bekerja sama dengan Kementerian Perindustrian, JAPFA berpartisipasi dalam program vokasi dengan melibatkan Unit Bisnis Pakan Ternak JAPFA di Sumatera Utara, Sumatera Selatan, Banten, dan Jawa Timur. Dengan tersebarnya unit JAPFA di Indonesia, JAPFA akan ikut mendukung mahasiswa dan dosen untuk mendapatkan akses dan kesempatan memiliki pengalaman kerja praktik sebelum terjun ke dunia industri.

Sampai saat ini setidaknya lebih dari 30 SMK telah terpapar oleh program vokasi JAPFA. Rachmat melanjutkan, lebih dari 500 siswa SMK telah mendapatkan kesempatan untuk turun langsung ke dalam praktik pengolahan pakan ternak JAPFA, dimana mereka belajar mengenai industri pakan sesuai dengan kurikulum dan modul pembelajaran yang telah diselaraskan.

Sebagai negara agraris, Indonesia butuh lebih banyak pelaksana pertanian, bukan hanya arsitek bidang pertanian. ”Dengan penandatanganan kerjasama ini, harapannya jangkauan pengadaan program vokasi dapat semakin luas hingga nantinya dapat memapar civitas akademika di seluruh indonesia,” tutup Rachmat.

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan ayam, pembibitan dan penggemukan sapi, budidaya perairan, serta produksi vaksin hewan. Diiringi dengan program-program yang berkontribusi dalam mendorong peningkatan kualitas masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan potensi sumber daya pendidikan, sesuai dengan visi perusahaan ”Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6931 seconds (0.1#10.140)