Kim Jong-un Mulai Gunakan Mobil Mewah Aurus Senat Pemberian Presiden Putin

Sabtu, 16 Maret 2024 - 16:58 WIB
loading...
Kim Jong-un Mulai Gunakan Mobil Mewah Aurus Senat Pemberian Presiden Putin
Kim Jong-un mulai menggunakan mobil hadiah dari Presiden Vladimir Putin. Foto/Reuters
A A A
PYONGYANG - Pemimpin Korea Utara Kim Jong-un melakukan perjalanan pertamanya dengan mobil mewah yang diberikan kepadanya sebagai hadiah oleh Presiden Rusia Vladimir Putin.

Pyongyang dan Moskow telah menjalin hubungan yang lebih erat sejak Kim bertemu Putin di Rusia pada September lalu, yang merupakan pertemuan puncak pertama mereka dalam empat tahun.

Putin juga mengundang Kim untuk mencoba limusin Aurus Senat kelas atas miliknya, dan kendaraan tersebut tiba di Pyongyang pada bulan Februari.

Pada hari Jumat lalu, Kim menggunakan mobil tersebut untuk pertama kalinya, menurut saudara-saudaranya dan pejabat pemerintah terkemuka Kim Yo Jong.

Perjalanan tersebut merupakan “bukti nyata dari persahabatan DPRK-Rusia, yang berkembang secara komprehensif pada tahap baru yang tinggi”, kata Kim Yo Jong seperti yang dilaporkan oleh KCNA yang dikelola pemerintah, menggunakan akronim dari nama resmi Korea Utara, Republik Demokratik Rakyat Korea.

Menurut media pemerintah Rusia, Aurus adalah merek mobil mewah pertama Rusia dan telah digunakan dalam iring-iringan mobil pejabat tinggi sejak Putin pertama kali menggunakan limusin Aurus saat upacara pelantikannya pada tahun 2018.

Kim Jong-un, 40, memiliki koleksi mobil mewah buatan luar negeri yang diyakini telah beredar di negaranya. Selama kunjungannya ke Rusia, ia melakukan perjalanan antar lokasi pertemuan dengan limusin Maybach yang ia bawa dengan kereta khususnya. Limusin lain yang dilaporkan Kim gunakan termasuk Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard dan Maybach S62.

Laporan Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2021 menyoroti upaya pengiriman kendaraan mewah senilai lebih dari $1 juta yang diduga dari Uni Emirat Arab ke Ningbo, Tiongkok, untuk pengiriman selanjutnya ke Korea Utara.

Korea Utara dan Rusia semakin dekat selama setahun terakhir ketika Korea Utara mengembangkan senjata dan program nuklirnya dan Moskow melanjutkan invasi besar-besaran ke Ukraina. Amerika Serikat dan Korea Selatan telah menyampaikan kekhawatiran bahwa Korea Utara mengirimkan senjata ke Rusia untuk digunakan dalam perang di Ukraina dengan ketidakseimbangan pengetahuan teknologi.

Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1221 seconds (0.1#10.140)