alexametrics

Asian Games Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Menjadi 5,51%

loading...
Asian Games Dongkrak Pertumbuhan Ekonomi Sumsel Menjadi 5,51%
Pj Gubernur Sumsel Hadi Prabowo (baju putih) bersama Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafiz Thohir. Foto/SINDOnews/Berli Zulkanedy
A+ A-
PALEMBANG - Kesuksesan pesta olahraga negara-negara se-Asia, Asian Games yang berlangsung 18 Agustus-2 September di Jakarta dan Palembang, turut mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Sumatra Selatan.

Pejabat (Pj) Gubernur Sumatra Selatan, Hadi Prabowo mengatakan, pertumbuhan ekonomi Sumsel pada tahun 2018 meningkat hingga 5,51% dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 5,027%.

"Pertumbuhan ekonomi Sumsel pada 2018 pasca Asian Games mencapai 5,51% dibandingkan tahun 2017 yang mencapai 5,027%. Bahkan pertumbuhan ekonomi Sumsel berada di atas pertumbuhan ekonomi Indonesia yang mencapai 5,07%," ujarnya di hadapan anggota Komisi XI DPR yang dipimpin Wakil Ketua Komisi XI DPR Achmad Hafiz Thohir, Rabu (26/9/2018).



Menurut Hadi, Asian Games 2018 memberi dampak lebih luas yang mencakup bidang pembangunan infrastruktur, meningkatnya industri pariwisata dan perhotelan. Selain berimbas pada bidang perekonomian, juga bidang pertukaran budaya, kerja sama antar provinsi dan antar negara, serta memberi edukasi bagi masyarakat atas terselenggaranya Asian Games 2018.

Hadi menambahkan, pada bidang infrastruktur dengan adanya Light Rail Transit (LRT) akan diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya, "Kedepan LRT berikut 13 stasiun yang tersedia akan diintegrasikan dengan moda transportasi lainnya," katanya.

Dan kata dia, kebijakan ekonomi dan stabilitas wilayah di Sumsel cukup stabil dengan terselenggaranya dua event besar yaitu Asian Games 2018 dan Pilkada serentak 2018. Usai Asian Games, Pemprov Sumsel juga mulai menyusun tahapan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2019.

Achmad Hafiz Thohir mengatakan, kunjungan kerja spesifik di Palembang ini untuk memperoleh informasi seluas-luasnya terkait evaluasi pasca-penyelenggaraan Asian Games 2018.

Informasi yang diperoleh nantinya akan menjadi pokok permasalahan dan dibahas sesuai aspirasi masyarakat, sekaligus sebagai penguatan prinsip-prinsip good governance.

Tim komisi XI DPR berfokus pada dampak berganda ekonomi usai penyelenggaraan Asian Games 2018. Seperti manfaat yang ditimbulkan dengan adanya pembangunan infrastruktur LRT, pemanfaatan venue olahraga serta terciptanya lapangan kerja bagi masyarakat.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak