alexametrics

Sri Mulyani Respons Langkah BI Kembali Kerek Suku Bunga Acuan

loading...
Sri Mulyani Respons Langkah BI Kembali Kerek Suku Bunga Acuan
Sri Mulyani Respons Langkah BI Kembali Kerek Suku Bunga Acuan
A+ A-
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani menilai keputusan Bank Indonesia (BI) untuk menaikkan suku bunga acuan atau BI 7 Day Repo Rate sudah tepat. Menurutnya, hal itu sejalan dengan kondisi perekonomian global yang tidak menentu saat ini.

"Saya rasa BI membuat keputusan sesuai dengan lingkungan yang sekarang ini dihadapi," ujar Menkeu Sri Mulyani di Jakarta, Jumat (27/9/2018).

Selain itu, mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia ini juga menilai langkah untuk menaikkan suku bungan demi menjaga stabilitas perekonomian dalam negeri. Apalagi, nilai tukar rupiah masih belum menunjukkan penguatan terhadap dolar Amerika Serikat (AS).



"Suatu keputusan yang sesuai dengan kebutuhan kita untuk menjaga stabilitas dan menjaga momentum perekonomian tetap stabil," tuturnya.

Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menaikkan tingkat suku bunga acuan BI 7-Day Reverse Repo Rate sebesar 25 basis poin (bps) menjadi 5,75%. Hal ini diputuskan dalam Rapat Dewan Gubernur. Bank sentral juga memutuskan menaikkan suku bunga deposit facility sebesar 25 bps menjadi sebesar 5% dan lending facility menjadi sebesar 6,5%.

BI mengambil langkah untuk mempertahankan daya tarik usaha dan keuangan di tengah ketidakpastian global. Bank sentral akan terus mengkalibrasi perkembangan ekonomi keuangan, baik domestik maupun global. Hal ini untuk memanfaatkan masih adanya ruang untuk kenaikan suku bunga secara terukur.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak