alexametrics

BI Rate Naik, Darmin Sebut Ada Pengaruh ke Pertumbuhan Ekonomi

loading...
BI Rate Naik, Darmin Sebut Ada Pengaruh ke Pertumbuhan Ekonomi
BI Rate Naik, Darmin Sebut Ada Pengaruh ke Pertumbuhan Ekonomi
A+ A-
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Darmin Nasution meyakini, kenaikan tingkat suku bunga acuan (BI Seven Days Repo Rate) yang telah beberapa kali dilakukan bank sentral, akan membawa dampak terhadap pertumbuhan ekonomi di Tanah Air. Saat ini, BI rate sudah sebesar 5,75% atau sudah naik sebanyak 150 basis poin (bps).

"Apakah itu (kenaikan BI rate) akan memengaruhi ekonomi? Ada juga pengaruhnya. Kalau dibilang enggak ada, ya ada lah. Tapi ya kan ada yang murni keputusan market, tapi ada juga investasi itu dorongan pemerintah," kata Darmin di kantornya, Jakarta, Jumat (28/9/2018).

(Baca Juga: Menko Darmin: Stabilitas Terancam, Tak Ada Pilihan BI Rate Naik)
Menurutnya, pengaruh kenaikan BI rate terhadap pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga tergantung oleh kebijakan lanjutan yang akan diambil pemerintah. Oleh sebab itu, pemerintah saat ini tengah merumuskan insentif pajak untuk mendongkrak pertumbuhan ekonomi di Indonesia.



"Kita selain merumuskan kebijakan, bisa sektoral tapi kita sedang merumuskan ulang mengenai insentif pajak. Kelihatannya perlu untuk investasi," imbuh dia.

Mantan Gubernur BI ini menyatakan, pemerintah akan memperluas sektor yang mendapatkan insentif pajak berupa tax holiday. Diharapkan, kebijakan tersebut akan terbit dua pekan kedepan. "Kapan dia selesainya? Perlu waktu, mungkin seminggu dua minggu. Kemudian ada kebijakan lain, saya belum waktunya cerita," tandasnya.
(akr)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak