Siapa Santiago Martin? Raja Lotere Kontroversial yang Menjadi Donor Utama bagi Narendra Modi

Senin, 18 Maret 2024 - 19:50 WIB
loading...
Siapa Santiago Martin? Raja Lotere Kontroversial yang Menjadi Donor Utama bagi Narendra Modi
Santiago Martin dikenal sebagai raja lotere India yang kontroversial. Foto/Reuters
A A A
NEW DELHI - Santiago Martin yang dijuluki sebagai raja lotere India dituduh oleh pihak berwenang melakukan penipuan dan pencucian uang. Saat bersamaan, perusahaan yang didukung Martin ternyata adalah donor politik utama negara itu di bawah sistem pendanaan yang tidak jelas dan sebagian dibuka untuk pengawasan.

Martin menghabiskan 13,68 miliar rupee India (USD165 juta) antara tahun 2019 dan 2024 - 40% lebih banyak dibandingkan donor tertinggi berikutnya - di bawah sistem pendanaan yang sekarang sudah dihapus, yang memungkinkan sumbangan anonim dan tidak terbatas kepada partai politik.

Siapa Santiago Martin? Raja Lotere Kontroversial yang Menjadi Donor Utama bagi Narendra Modi

1. Donor Utama bagi NarendraM Modi dan BJP

Siapa Santiago Martin? Raja Lotere Kontroversial yang Menjadi Donor Utama bagi Narendra Modi

Foto/Reuters

Informasi tersebut, yang dipublikasikan oleh komisi pemilu atas perintah Mahkamah Agung India, menunjukkan Partai Bharatiya Janata (BJP) yang dipimpin Perdana Menteri Narendra Modi adalah penerima terbesar secara keseluruhan namun tidak merinci ke partai mana donor tersebut memberikan dana tersebut.

Future Gaming tidak menanggapi permintaan Reuters untuk mengomentari donasinya. Meskipun pengadilan menganggap sistem "obligasi pemilu" tidak konstitusional, tidak ada indikasi bahwa sumbangan tersebut tidak pantas.

Data mengenai sistem pendanaan yang sudah tidak berfungsi ini menarik perhatian pada sejarah Martin, 59 tahun, yang membangun kerajaan lotere hingga real estat dengan menjual tiket lotre saat remaja.


2. Suka Mencolok dan Pandai Bicara

Seorang tokoh yang mencolok, pandai bicara, dan mempunyai teman-teman dari berbagai spektrum politik, Martin telah menghabiskan banyak uang untuk politisi, membagikan hadiah-hadiah mahal seiring berkembangnya kerajaan bisnisnya, menurut laporan pers lokal.

Selama bertahun-tahun, otoritas pajak, polisi, dan lembaga investigasi telah menggeledah tempat usahanya dan menyita properti sehubungan dengan kasus yang menjeratnya. Permohonan bandingnya terhadap penyitaan properti oleh Direktorat Penegakan Hukum, badan kejahatan keuangan India, ditolak tahun lalu.

Direktorat mengajukan tuntutan penuntutan di pengadilan pada bulan September terhadap Future Gaming dan 15 perusahaan afiliasi Martin lainnya berdasarkan undang-undang pencucian uang.

“Mereka diduga menipu pemerintah negara bagian penerbit lotere dengan tidak menyetorkan seluruh hasil penjualan yang dihasilkan dari penjualan lotere,” dan melanggar undang-undang lotere dengan secara ilegal menahan dan mengklaim hadiah pada tiket yang tidak terjual, dan memanipulasi data, kata badan tersebut.

Martin dan perusahaannya membantah melakukan kesalahan. Konglomeratnya, Martin Group, mengatakan pada bulan Oktober bahwa kelompok tersebut dan perusahaan-perusahaannya mematuhi hukum dan bahwa Martin adalah pembayar pajak tertinggi di India pada tahun keuangan hingga Maret 2003.

3. Pernah Hidup Miskin dan Tinggal di Myanmar

Setelah bekerja sebagai buruh remaja di Myanmar untuk menghidupi keluarganya, Martin kembali ke India pada akhir tahun 1980an dan memulai karir bisnisnya di kota selatan Coimbatore, menurut lembaga nirlaba Martin Charitable Trust.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1716 seconds (0.1#10.140)