Kesadaran Naik, Jumlah Hutan Bersertifikasi FSC Jadi 3,2 Juta Ha

Rabu, 03 Oktober 2018 - 04:10 WIB
Kesadaran Naik, Jumlah Hutan Bersertifikasi FSC Jadi 3,2 Juta Ha
Kesadaran Naik, Jumlah Hutan Bersertifikasi FSC Jadi 3,2 Juta Ha
A A A
TANGERANG SELATAN - FSC Indonesia kembali mengadakan perhelatan tahunan FSC Friday yang dirayakan secara global di seluruh dunia. Melalui kegiatan ini, masyarakat diberikan pengetahuan tentang arti pentingnya penggunaan produk dengan bahan baku dari hutan yang dikelola secara bertanggung jawab.

FSC Friday kali ini diisi dengan berbagai macam program edukasi kepada anak sekolah, orang tua murid serta para guru yang diundang secara khusus oleh FSC Indonesia dan Tetra Pak Indonesia. Acara di akhir pekan yang diadakan di Outdoor Event Plaza Aeon Mall BSD City tersebut mengangkat tema “Peduli Hutan Berawal dari Rumah”.

Penggunaan skema sertifikasi FSC di Indonesia saat ini telah menunjukan pertumbuhan yang positif. Di Indonesia hutan bersertifikat FSC telah tumbuh dari 1,4 juta hektare (ha) pada 2015 menjadi 3,2 juta ha pada 2018. Lalu industri bersertifikasi FSC-CoC juga sudah mencapai 280 perusahaan. Brand yang menggunakan tanda FSC juga telah tumbuh dari 8 pada tahun 2015, kini menjadi lebih dari 30 merek yang telah menggunakan kemasan bertanda FSC.

“FSC berkomitmen terus memberikan dorongan terhadap pengelolaan hutan dunia yang bertanggung jawab melalui sertifikasi hutan. FSC menyosialisasikan pengelolaan hutan yang bertanggung jawab melalui berbagai macam program dan kegiatan yang dilakukan. Salah satunya FSC FRIDAY yang sudah empat tahun diselenggarakan di Indonesia,” kata Manager Marketing & Communications FSC Indonesia Indra Setia Dewi di Jakarta, Selasa (2/10).

Lebih lanjut dikatakan, pengenalan terhadap FSC dan pentingnya tanda FSC pada setiap produk kemasan karton atau kertas terus ditingkatkan. Tujuannya agar apa yang menjadi objective FSC di Indonesia dapat tercapai sesuai harapan. “Selain penyuluhan edukasi kepada masyarakat dan konsumen, kami juga merasakan pertumbuhan yang baik dari sertifkasi hutan yang mana menunjukan jumlah hutan yang telah tersertifikasi terus meningkat setiap tahunnya,” ujarnya.

Reza Andreanto, Environment Manager Tetra Pak Indonesia, mengatakan, pihaknya sebagai salah satu mitra strategis FSC Indonesia sadar betul akan pentingnya program komunikasi kepada masyarakat secara langsung terkait kesadaran menjaga kelestarian hutan. Termasuk gaya hidup dalam pemilihan produk-produk kemasan yang peduli pada lingkungan.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7431 seconds (0.1#10.140)